Minggu , 20 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Bukti Dukungan Pemanfaatan Eks HGU

Bukti Dukungan Pemanfaatan Eks HGU

BENTENG – Dukungan dari Kementerian ATR/BPN untuk meninjau ulang kondisi wilayah dan perubahan RT/RW wilayah Kecamatan Semidang Lagan dan Kecamatan Talang Empat dari daerah perkebunan dan pertanian menjadi daerah pemukiman kedepannya setelah pengambilalihan lahan HGU PT Bumi Rafflesia Indah (BRI) yang akan berakhir masa pengelolaannya per 31 Desember mendatang, merupakan bentuk dukungan yang positif.

“Saat ini surat dari Pemkab Benteng sesuai rekomendasi Kementerian ATR/BPN sudah ke BPN Provinsi Bengkulu,” jelas Ketua Pansus Eks HGU, Evi Susanti S.IP.

Termasuk juga dengan rencana keterlibatan pihak Univesitas Bengkulu (Unib) untuk pemanfaatan lahan kedepannya, akan menjadikan Benteng sebagai salah satu pusat pendidikan melalui pendirian Kampus II Unib. Dan hal ini merupakan bentuk kerja sama yang baik bagi kemajuan dunia pendidikan.

Begitu juga dengan rencana pendirian pusat kegiatan olahraga yang bertaraf nasional bahkan inteernasional, juga akan memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya dikawasan yang akan diambil alih pemerintah tersebut.

Untuk saat ini, lahan seluas 397 hektare yang masih dikelola PT BRI, diharapkan benar-benar dpaat terealisasi peralihannya sesuai dengan rencana pemerintah dan juga didukung oleh DPRD Benteng. Meskipun dalam data HGU luas lahan yang ada seribu hektare, namun saat ini masih fokus untuk luas lahan yang dikelola perusahaan perkebunan kelapa  sawit tersebut.

Sementara itu, Kades Jayakarta, Agus Siswanto mengaku bentuk dukungan untuk pemanfaatan HGU ke depan oleh Pemerintah, bukan hanya dalam penyampaian melalui suara saja, melainkan juga dengan hitam diatas putih. “Desa Jayakarta salah satunya telah mencantumnkan dukungan melalui bentuk tertulis tersebut,” demikian Agus.(vla)

Berita Lainnya

Pengacara Kades Mengundurkan Diri

BENTENG – Pengacara Kepala Desa (Kades) non aktif, salah satu desa di Kecamatan Talang Empat ...

error: Content is protected !!