Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Cuaca Buruk, Nelayan Berhenti Melaut

Cuaca Buruk, Nelayan Berhenti Melaut

BERSANDAR: Puluhan kapal nelayan Pasar Bawah menyandarkan kapalnya di dermaga karena cuaca buruk. (foto : rio/rb)

PASAR MANNA – Akhir-akhir ini cuaca di Kabupaten Bengkulu Selatan tidak menentu yang membuat puluhan nelayan tradisional di Pantai Pasar Bawah enggan melaut. Kencangnya angin dan tingginya gelombang memaksa kapal-kapal terparkir di dermaga.

Salah satu nelayan Pasar Bawah, Ianto (41) mengatakan, tingginya gelombang adalah faktor para nelayan tidak turun. Bila dipaksakan tetap melaut maka akan sangat berbahaya. Kondisi ini sudah dua hari yang memaksa nelayan tradisional hanya bisa memperbaiki alat-alat tangkap ikan serta mesin perahu. “Sudah dua hari cuacanya tidak bersahabat, kami tidak mau ambil resiko daripada berbahaya lebih baik istirahat dulu sambil memperbaiki alat tangkap ikan dan jaring,” ujar Ianto.

Lanjutnya, kondisi tangkapan ikan saat ini juga sangat berkurang. Hal ini disebabkan minimnya alat yang digunakan nelayan saat beroperasi di lautan. “Kalau masalah pendapatan, saat ini sedikit berkurang. Sebenarnya alat yang kami miliki kurang seperti jaring yang mulai rusak,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Herdi (33). Ia menuturkan cuaca buruk adalah masalah besar bagi nelayan. Pasalnya, bila tidak melaut kebutuhan ekonomi sehari-hari tidak ada pemasukan. Karena penghasilan nelayan semuanya dari laut. “Mau bagaimana lagi, kami hanya menunggu gelombang turun baru berani melaut kalau nekat ya sangat beresiko,” paparnya.

Dijelaskannya, dalam satu hari biasanya bisa mendapatkan Rp 200 ribu dari hasil melaut. Itupun kalau tangkapan lagi banyak. “Cukuplah untuk kebutuhan makan, tapi kalau untuk anak sekolah kadang masih kurang,” bebernya.

Harapannya, pada pemerintah dapat memberikan bantuan alat tangkap ikan, agar hasil yang didapatkan saat melaut maksimal. “Ya nggak berharap banyak sih, kalau bisa beri bantuan jaring saja,” demikian Herdi. (tek)

 

Berita Lainnya

Ada Oknum Minta Bayaran, Laporkan

KOTA MANNA –Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) mengimbau masyarakat untuk melapor bila ada ...

error: Content is protected !!