Senin , 16 September 2019
Home / Pemilu / Kardus Surat Suara Basah dan Robek

Kardus Surat Suara Basah dan Robek

 

LOGISTIK PEMILU: Kardus berisi surat suara dipindahkan dari truk pengangkut ke gudang KPU BU, Selasa (12/3). (foto: shandy/rb)

ARGA MAKMUR – KPU Bengkulu Utara (BU) menerima surat suara untuk Pemilu 2019. Surat suara yang dimasukkan dalam kardus ini diangkut menggunakan mobil truk. Kemarin (12/3), kardus-kardus tersebut dipindahkan ke gudang KPU dengan pengawasan Bawaslu, Polri/TNI. Ditemukan beberapa kardus yang basah dan robek.

Sebanyak 1.626 koli surat suara yang diterima KPU BU sesuai dengan jumlah yang disebutkan dalam berita cara pengiriman. Ketua KPU BU, Roges Mawansyah, SE, ME mengatakan kardus yang basah sudah dicek oleh KPU. Namun diyakini tidak menyebabkan basahnya surat suara yang ada di dalamnya karena setelah dikardus surat suara masih dibungkus plastik. “Dalam kardus ada plastik. Jika itu rapat tentunya surat suara tidak basah,” katanya.

Sedangkan utuk bagian kardus yang robek, masih akan dicek nantinya saat pelipatan surat suara, apakah robekan tersebut juga mengenai surat suara atau tidak. “Tanggal 14-15 Maret akan kita buka untuk pelipatan dan pengecekan. Sekarang hanya kita pindahkan dari truk pengangkut ke gudang,” terangnya.

Mulai siang kemarin, penjagaan di gudang KPU diperketat oleh personel polisi dan TNI serta Bawaslu. Tidak ada yang boleh masuk ke salah satu ruang di dalam gudang yang digunakan untuk tempat penyimpanan surat suara. “Siapapun yang masuk harus menjelaskan kepentingannya dan tidak boleh sembarangan orang. Tidak ada yang bisa masuk ke dalam ruang kotak suara tanpa pengawalan,” tegasnya.(qia)

Berita Lainnya

Helmi Berpasangan dengan Hijazi di Pilgub, Tergantung Takdir Allah

CURUP- Sabtu  (14/9), Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan, berkunjung ke Kabupaten Rejang Lebong. Kunjungan tersebut ...

error: Content is protected !!