Rabu , 27 Maret 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Pemda Atur Jam Buang Sampah

Pemda Atur Jam Buang Sampah

ARGA MAKMUR – Ada yang menarik dari program kebersihan yang akan dilakukan Pemkab Bengkulu Utara. Yakni pemberlakukan jam atau jadwal pembuangan sampah oleh masyarakat. Ini berlaku setiap hari. Jika ada yang melanggar akan dikenakan sanksi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ir. Alfian menuturkan jika Pemkab dalam Perda Pengelolaan Sampah yang kini tengah dibahas dengan DPRD menentukan jaddwal pembuangan sampah dan sanksinya. Masyarakat hanya boleh membuang sampah di tempat pembuangan sampah sementara mulai pukul 20.00 WIB – 06.00 WIB.  “Waktu itu kita tentunya juga sesuai dengan jadwal pengambilan sampah oleh petugas kebersihan,” katanya.

Hal ini dilakukan sehingga masyarakat tidak lagi menbuang sampah sembarangan. Apalagi sampai  melempar sampah  ke jalan-jalan umum. “Kalau pada malam hari hingga subuh masyarakat membuat sampah. Sampah tersebut langsung akan diambil oleh petugas. Sehingga tidak ada kesan berserakan dan aroma yang tidak enak,” terangnya.

Pemkab Bengkulu Utara juga akan bekerjasama dengan sekolah untuk bersama-sama menjaga kebersihan. Hal ini untuk membangkitkan kesadaran masyarakat dengan pola hidup bersih dan tidak membuang sampah sembarangan.  “Ini dalam rangka upaya kita menciptakan kota bersih bebas sampah. Selama ini, kita akui kesadaran masyarakat memang sangat lemah. Sedangkan, sampah jika tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan dampak negatif, setidaknya penyakit,” pungkas Alfian. (qia)

 

Berita Lainnya

Diduga Bawa Minyak Mentah Ilegal, Sopir Grand Max Terjepit Saat Hantam Truk Parkir

ARGA MAKMUR –  Andri (23) dan Leo (27) warga Lubuk Linggau Sumsel, Selasa (26/3) dini hari ...

error: Content is protected !!