Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / RSUD Hasanuddin Damrah Disubsidi Rp 2 Miliar Untuk Bayar Utang

RSUD Hasanuddin Damrah Disubsidi Rp 2 Miliar Untuk Bayar Utang

KOTA MANNA –  Pemkab Bengkulu Selatan  melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), kembali memberikan susbsidi sebesar Rp 2 miliar pada RSUD Hasanuddin Damrah. Bantuan tersebut untuk membayar utang yang pada tahun 2019. Oleh sebab itu, BPKAD Bengkulu Selatan  meminta agar RSUD Hasanuddin Damrah bisa memperbaiki manajemen keuangan, agar tidak membebankan utang pada Pemkab Bengkulu Selatan .

Besarnya biaya barang habis pakai di RSUD Hasanuddin Damrah Kabupaten Bengkulu Selatan  berimbas pada subsidi yang setiap tahun diberikan oleh BPKAD Bengkulu Selatan. Padahal saat ini RSUD Hasanuddin Damrah sudah menjadi Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD). Terhitung sejak ditetapkan sebagai BLUD tahun 2015 lalu, Pemkab Bengkulu Selatan  melalui BPKAD selalu mengucurkan dana miliaran rupiah guna mempertahankan RSUD Hasanuddin Damrah.

Namun sayangnya, meski hampir 4 tahun berjalan, manajemen keuangan RSUD Hasanuddin Damrah selalu bermasalah pada utang barang habis pakai yang mencapai miliaran rupiah. Tercatat pada tahun 2018, RSUD memiliki utang sebesar Rp 7 miliar. Oleh sebab itu BPKAD Bengkulu Selatan mendesak agar tahun 2019, pihak RSUD bisa meminimalisir besaran utang.

Sekretaris BPKAD Bengkulu Selatan , Decky Zulkarnain, S.Sos menegaskan, bantuan tersebut bersifat stimulan. Oleh karena itu pihak BPKAD berharap pada 2020 RSUD Hasanuddin Damrah sudah bisa mengelola keuangan sendiri. “Sebaiknya di tahun ini manajemen bisa kelola keuangannya,” terang Decky.

Ditambahkannya, pada tahun 2019 ini pula BPKAD Bengkulu Selatan  juga akan mengucurkan dana sebesar Rp 22 juta yang akan dialokasikan untuk biaya insentif dokter spesialis. “Ya kita berharap dengan adanya kucuran dana ini bisa bermanfaat,” pungkas Decky. (tek)

Berita Lainnya

Berbagi Pada Sesama, Astra Motor Bengkulu Adakan Donor Darah

BENGKULU– Astra Motor Bengkulu kembali menyelenggarakan kegiatan donor darah rutin 3 bulanan, Jumat (23/8). Kegiatan ...

error: Content is protected !!