Minggu , 23 Februari 2020
Home / Probis / Ekspor Diperkirakan Meningkat

Ekspor Diperkirakan Meningkat

Endang Kurnia Saputra

BENGKULU – Memasuki triwulan I 2019, perkembangan ekonomi terkini mengindikasikan perekonomian Bengkulu akan mengalami peningkatan, yaitu tumbuh pada kisaran 4,81 persen – 5,01 persen year on year.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Saputra menjelaskan, kinerja ekspor diperkirakan tumbuh meningkat seiring mulai membaiknya harga komoditas utama serta meningkatnya harga komoditas global. “Di sisi penawaran, meningkatnya pertumbuhan ekonomi diperkirakan dari  sektor pertambangan dan penggalian, industri pengolahan serta sektor perdagangan besar, eceran reparasi mobil dan sepeda motor,” jelasnya kepada RB, Rabu (13/3).

Pada triwulan II 2019, kata Adang sapaan akrabnya, meningkatnya pertumbuhan ekonomi diperkirakan berlanjut pada kisaran 5,00 persen – 5,20 persen year on year didorong kenaikan konsumsi rumah tangga sebagai dampak Pemilu, perayaan Idul Fitri dan persiapan tahun ajaran baru. “Kegiatan ekspor, juga diperkirakan masih tumbuh didorong peningkatan permintaan global, seiring meredanya perang dagang, Amerika Serikat-Tiongkok maupun permintaan domestik untuk  mendukung program B20 yang ditetapkan oleh pemerintah,” sebut dia.

Dari sisi perkembangan harga tekanan inflasi pada triwulan I 2019 diperkirakan menurun yaitu, berada pada kisaran 2,06 persen – 2,26 persen year on year. Penurunan laju inflasi tersebut seiring dengan masih moderatnya ekspektasi konsumsi masyarakat di tengah periode low season penerbangan serta turunnya harga bahan bakar. “Peningkatan laju inflasi diperkirakan akan terjadi pada triwulan II 2019 yang berada pada kisaran 2,71 persen – 2,91 persen year on year,” jelasnya.

Dengan tekanan inflasi yang bersumber dari ekspektasi konsumsi pada Ramadhan dan Idul Fitri, sumber tekanan inflasi triwulan II 2019 diperkirakan bersumber dari kelompok barang bahan makanan tranportasi komunikasi dan jasa keuangan, pendidikan rekreasi dan olahraga serta kelompok sandang. (iks)

 

 

Berita Lainnya

Pesta Durian Lebong

BENGKULU – Kabupaten Lebong termasuk salah satu daerah penghasil durian terbesar di Provinsi Bengkulu. Bahkan …