Senin , 27 Mei 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Kondisi 5 Ekor Satwa di Kantor Bupati Memprihatinkan

Kondisi 5 Ekor Satwa di Kantor Bupati Memprihatinkan

PINDAHKAN: Lima ekor rusa akan dipindahkan Dinas Pertanian Bengkulu Selatan ke eks PeDa KTNA. (foto : rio/rb)

KOTA MANNA – Pemkab Bengkulu Selatan melalui Dinas Pertanian (Distan) lagi mengupayakan pemindahan satwa yang dilindungi berupa 5 ekor rusa. Satwa liar ini masih berada di rumah dinas (Rumdin) Bupati Bengkulu Selatan.  Kalau tidak ada kendala teknis akan dipindah ke lokasi eks Pekan Daerah (PEDA) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) di jalan Gerak Alam. Pemindahan ini dilakukan karena rusa-rusa tersebut dalam memprihatinkan.

Setelah mendapatkan rekomendasi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Distan akan mengambil alih pengurusan 5 ekor rusa yang saat ini dalam kondisi memperihatinkan.  Lantaran lokasi yang tersedia di rumah dinas bupati sudah tidak representatif. Dengan adanya pemindahan 5 ekor rusa ke areal eks PEDA KTNA, Distan berharap akan berdampak pada ramainya kunjungan masyarakat ke areal eks PEDA KTNA di kawasan Gerak Alam.

Kepala Distan Kabupaten Bengkulu Selatan Sukarni Dunip, SP, mengakui kalau rusa tersebut tidak segera direlokasi akan sulit berkembang. Juga tingkat kematian rusa semakin tinggi, karena kondisi kandang rumah dinas bupati hanya tanah tandus. “Tujuannya adalah agar satwa tersebut bisa berkembang dan hidupnya lebih baik,” terang Sukarni.

Untuk mengantisipasi adanya kerusakan tanaman di eks PEDA KTNA, Distan akan membangun pagar untuk membatasi aktivitas rusa agar tidak merusak tanaman yang ada di eks PEDA KTNA.  Bahkan Sukarni juga mengakui nanti eks PEDA KTNA akan menjadi salah satu pusat studi holtikultura yang bisa menunjang kegitatan akademik. “Nantinya ada pagar yang dipasang setelah pemindahan dilakukan,” uajrnya.(tek)

Berita Lainnya

Bangun Rumah Nelayan

MANNA – Pasca musibah banjir di Desa Ketaping, Kecamatan Manna, rencana pembangunan 40 unit rumah ...

error: Content is protected !!