Senin , 16 Desember 2019
Home / Metropolis / Seleksi TPHD Segera Dimulai

Seleksi TPHD Segera Dimulai

Hamka Sabri

BENGKULU – Seleksi petugas haji daerah atau Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Provinsi Bengkulu segera dimulai. Masyarakat di 10 kabupaten/kota berpeluang untuk menjadi petugas TPHD karena seleksi dilaksanakan secara terbuka. Seleksi akan dilaksanakan oleh Tim Seleksi (Timsel) diketuai asisten 1 Bidang Pemerintah dan Kesra Setdaprov, Hamka Sabri.

“Dalam waktu dekat ini tahapan akan segera kita mulai. Siapapun nanti boleh mendaftar, karena terbuka untuk umum,” ujar Ketua Timsel TPHD yang juga Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov ini.

Lanjutnya, anggota timsel TPHD Provinsi Bengkulu terdiri dari unsur pemerintahan di lingkungan Pemprov Bengkulu. Selain dirinya, ada 4 anggota lainnya yaitu, Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) diwakili oleh Ketua MUI Provinsi Bengkulu, dari Kanwil Kemenag RI diwakili Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah.

Hamka menambahkan ada 11 kuota TPHD Provinsi Bengkulu yang anggotanya ditentukan berdasarkan hasil seleksi yang akan dilaksanakan oleh timsel TPHD. Mulai dari seleksi administrasi, tertulis, wawancara hingga kesehatan jiwa. Kuota TPHD tersebut terbagi lagi menjadi 3 kriteria, yaitu petugas pelayanan umum dibutuhkan 4 orang, pembimbing ibadah dibutuhkan 4 orang dan tenaga kesehatan dibutuhkan 3 orang.

“Kalau untuk pembimbing ibadah haji harus sudah haji, karena petugas ini nantinya tidak hanya sekedar mendampingi jemaah tapi juga membimbing ibadah,” terang Hamka.

 

Pembuatan SK

Sementara itu hasil seleksi petugas haji jajaran Kementerian Agama (Kemenag) RI yang digelar pada 5 Maret lalu sudah diumumkan, yaitu untuk 4 orang petugas Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan 4 orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI). Pemberitahuan kelulusan disampaikan oleh pusat ke nomor Whats App (WA) masing-masing peserta. Lalu peserta yang dinyatakan lulus melapor ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Bengkulu untuk dibuatkan SK.

Sedangkan untuk hasil seleksi 5 petugas haji sebagai Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, masih menunggu. “Nama-nama yang lulus sudah ada, tinggal proses pembuatan SK lagi,” kata Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. Bustasar MS, M.Pd melalui Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Drs. H. Ramlan, MHI. (key)

Berita Lainnya

Jamkesda Hanya Sanggup Akomodir 23 Ribu Warga

BENGKULU – Pemprov Bengkulu mengalokasikan dana bagi hasil dari pajak rokok sebesar Rp 12 miliar ...

error: Content is protected !!