Rabu , 27 Maret 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Tiga Desa di Bengkulu Selatan Masuk Program Desa Mandiri Pangan

Tiga Desa di Bengkulu Selatan Masuk Program Desa Mandiri Pangan

PANTAU: Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Selatan sedang memantau desa Mandiri Pangan di Kecamatan Pino Raya, Rabu (13/3).

KOTA MANNA – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkulu Selatan, saat ini sedang melakukan pembinaan Desa Mandiri Pangan (Demapan). Pasalnya tiga desa ini masuk dalam daerah rawan pangan kategori I. Tetapi yang jadi kendala saat ini, masih banyak desa di Bengkulu Selatan belum miliki Peraturan Desa (Perdes) tentang ternak.

Seperti dijelaskan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bengkulu Selatan, Ir. Iskandar AZ, desa dengan kategori I rawan pangan tersebut, yakni Desa Cinto Mandi, Telago Dalam dan Tanjung Aur Kecamatan Pino Raya.

Program tersebut, bertujuan mengurangi rawan pangan di perdesaan. ‘’Kami melakukan pembinaan pada para petani khususnya kelompok wanita tani. Selain itu mereka juga diberikan bibit nangka madu kepada para petani. Mereka kami minta giat menanam buah dan sayur,” kata Iskandar kemarin (13/3).

Dikatakannya pemilihan nangka madu, karena tanaman ini bisa berbuah dalam tempo 1 sampai 2 tahun usai setelah ditanam. Selain itu buah nangka madu tergolong berbuah lebat dengan berat ukuran mencapai 25 kilogram.

Namun diakui Iskandar salah satu kendala yang dihadapi saat ini yakni desa yang termasuk wilayah rawan pangan banyak belum memiliki perdes ternak. Sehingga, tanaman petani sering kali dirusak ternak, yang dilepasliarkan pemiliknya.

Karena itu ia mengimbau pemerintah desa segera membuat perdes ternak. Tujuannya untuk mengubah desa itu tidak lagi masuk dalam kategori rawan pangan. ‘’Segera bikin Perdes ternak, agar bisa direalisasikan. Karena Satpol PP terus menggalakan aturan itu,” paparnya.

Ditambahkan para petani kalau sudah ada Perdes ternak, pihaknya minta agar manfaatkan pekarangan rumah dengan tanaman buah dan sayuran. Program tersebut, salah satu untuk mewujudkan ketahanan pangan khususnya untuk BS,” pungkas Iskandar.(tek)

 

Berita Lainnya

Plt Bupati Gusnan Berharap Pemda Bengkulu Selatan Raih Opini WTP

KOTA MANNA – Plt. Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi SE, MM menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah ...

error: Content is protected !!