Senin , 16 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / 5 CJH Risti Butuh Pengawasan Khusus

5 CJH Risti Butuh Pengawasan Khusus

MANASIK: Para CJH mengikuti manasik haji yang dilaksanakan Pemkab Bengkulu Utara, Kamis (14/3). (foto : shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Sebanyak 202 Calon Jamaah Haji (CJH) mengikuti manasik haji, Kamis (14/3). Panitia dari Kantor Kemenag dan Pemkab Bengkulu Utara juga sengaja membuat tempat-tempat simulasi pelaksanaan ibadah haji termasuk Kabah serta dilaksanakan mendekati siang hari. Sehingga panasnya dikondisikan selayaknya saat berada di tanah suci Makkah.

Dari pelaksanaan manasik ini, ada lima CJH yang terpaksa berhenti mengikuti simulasi tawaf atau mengelilingi Kabah. Penyebabnya karena kondisi fisik menurun. Rata-rata mereka CJH yang sudah berumur di atas 50 tahun. Mereka kelelahan karena panas.

Kepala Kantor Kemenag Bengkulu Utara, Heriansyah, S.Ag, MH,I menuturkan kegiatan ini sengaja dilakukan mendekati cuaca panas. Hal ini untuk melatih kondisi fisik CJH lantaran saat berada di tanah suci nanti kondisi cuaca jauh lebih panas dan fisik CJH jauh lebih lelah lagi. “Secara keseluruhan CJH kita dalam kondisi baik. Meskipun ada CJH yang masuk dalam risiko tinggi (risti) sedikit kelelahan,” katanya.

Selain melatih fisik CJH, manasik kemarin juga dilaksanakan setelah CJH mendapatkan bekal manasik  secara teori. Mereka melakukan praktik langsung baik itu tahapan pelaksanaan haji maupun doa yang  akan dilafazkan setiap tahapan haji. “Manasik ini dilaksanakan oleh Pemkab. Nanti Kantor Kemenag juga akan melaksanakan manasik. Harapan kita CJH ini bisa menjaga kesehatan hingga waktu berangkat nanti,” pungkasnya.(qia)

Berita Lainnya

Lilit Waka Dewan, Golkar Tunggu Surat Resmi

ARGA MAKMUR – Ada yang mengejutkan dari penetapan anggota dewan Partai Golkar yang akan menjabat ...

error: Content is protected !!