Rabu , 27 Maret 2019
Home / Metropolis / Gencar Promosikan Kopi Bengkulu

Gencar Promosikan Kopi Bengkulu

RACIK: Seorang barista sedang meracik kopi asli Bengkulu di Balai Kota DKI Jakarta disaksikan Gubernur Bengkulu, Dr. Rohidin Mersyah, MM dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (foto: ist/rb)

BENGKULU – Selain memiliki keindahan ragam wisata, Kota Bengkulu juga terkenal dengan kenikmatan kopi yang berasal dari beberapa wilayah daerah yang ada di provinsi Bengkulu. Sebut saja kopi robusta yang banyak diproduksi di daerah Rejang Lebong maupun Kepahiang. Dengan ciri khas rasa yang berbeda dibandingkan dengan kopi dari daerah lainnya, kopi Bengkulu diharapkan bisa dikenal lebih luas oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Kepala   Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, Ir. Ricky Gunawan mengatakan, saat mendampingi Gubernur Bengkulu,Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA ke Jakarta, mereka menyempatkan diri bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dalam pertemuan itu ikut dikenalkan kopi Bengkulu yang mempunyai kualitas dan ciri khas rasa yang berbeda dari kopi yang lainnya.

Dijelaskan Ricky, pertimbangan memperkenalkan kopi Bengkulu di Jakarta adalah karena Jakarta dianggap sebagai pusat ekonomi yang nantinya akan mempermudah mempromosikan kopi Bengkulu baik nasional maupun internasional. “Selama ini kopi Bengkulu kan banyak di pasarkan melalui daerah Lampung, jadi orang tahunya kopi Bengkulu itu kopi Lampung,” ungkapnya.

Selain mempromosikan kopi Bengkulu, ia berharap kedatangannya ke Jakarta menjadi jembatan antara pengusaha kopi Bengkulu dan pengusaha kopi di Jakarta agar lebih mudah untuk memasarkan produk kopi Bengkulu. Lebih lanjut ia mengatakan, para pengusaha kopi maupun para petani kopi agar dapat lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen kopinya.

“Karena kopi yang baik adalah kopi yang yang diproses dengan mengutamakan kualitas yang tinggi. Seperti halnya dalam mulai menanam bibit, memetik kopi hingga menggiling kopi, semuanya harus dilakukan dengan mengutamakan kualitas. Dengan seperti itu para pencinta kopi yang ada di luar akan lebih cepat mengenal dan mencintai produk kopi asal Bengkulu,” tutupnya. (cw2)

Berita Lainnya

Tangkal Bibit Radikalisme dan Anti Pancasila Sejak Dini

BENGKULU–  Menangkap faham radikalisme dan anti pancasila harus dilakukan sejak dini. Hal tersebut dapat dilakukan melalui lembaga ...

error: Content is protected !!