Minggu , 15 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Gunakan DD Sesuai Aturan

Gunakan DD Sesuai Aturan

BENTENG – Anggaran Dana Desa tahun 2019 di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) naik dari Rp 98 miliar menjadi Rp 111 miliar, untuk 142 desa. Dana desa ini harus bisa dimanfaatkan untuk pelaksanaan pembangunan secara langsung ditingkat desa. Kabid Anggaran Badan keuangan Daerah (BKD) Benteng, Ade Crishtian S.STP mengatakan  persetujuan kenaikan anggaran dana desa ini langsung  dari pemerintah pusat. “Kami hanya menjalankan penyalurannya,” ujarnya.

Untuk proses pencairan tahap pertama dana desa masih menggunakan metode tahun lalu, yakni 20 persen tahap pertama, 40 persen tahap ke dua dan 40 persen tahap ke tiga. “Prosesnya masih diurus,” jelasnya.

Namun, perlu diingatkan kembali, semua desa yang akan menerima dana desa untuk mengurus syarat sesuai aturan. Terutama untuk laporan realisasi kegiatan dana desa sebelumnya, harus melalui verifikasi. Mulai dari tingkat kecamatan, inspektur daerah (Ipda) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD). Setelah itu, baru dana desa bisa disalurkan ke masing-masing rekening desa.

Harapannya, tentu saja dengan kenaikan anggaran ini, kegiatan pembangunan di desa secara langsung lebih maksimal. “Mungkin saja tahun lalu pembangunan terkendala, namun tahun ini bisa terakomodir seluruhnya,” katanya.

Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa se Kabupaten Benteng, Sutan Muklis, SH mengatakan dana desa sangat diperlukan untuk mempercepat pembangunan desa. Seperti halnya, di sesa yang dipimpinnya, Rindu Hati. Berbagai pembangunan dan pemberdayaan untuk ekonomi masyarakat dilakukan. Dengan adanya pembangunan, berkaitan dengan pembangunan ekonomi, diharapkan akan membuka lapangan pekerjaan dan meningkatnya taraf ekonomi masyarakat desa.

“Beberapa pembangunan untuk kebutuhan masyarakat seperti jalan, dan juga pembukaan usaha sudah kami lakukan,” demikian Sutan.(vla)

Berita Lainnya

DAK Pasar Meningkat, Utamakan Pasar Harian

BENTENG – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop & UKM) Kabupaten Bengkulu ...

error: Content is protected !!