Rabu , 23 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Kini Bayar Pajak Bisa di Pasar

Kini Bayar Pajak Bisa di Pasar

LAYANI: Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Pelayanan Pendapatan Daerah (PPD) Samsat Bengkulu Selatan mulai Kamis (14/3) membuka pelayanan pajak di Pasar Masat. (foto : rio/rb)

PINO – Pemkab Bengkulu Selatan melalui Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Pelayanan Pendapatan Daerah (PPD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) terus melakukan inovasi dalam meningkatkan pelayanan.  Salah satunya, memudahkan pelayanan pajak kendaraan. Yakni dengan cara pelayanan langsung terjun ke pasar-pasar sebagai upaya memudahkan masyarakat yang ingin membayar pajak.

Kepala UPTD Samsat Bengkulu Selatan, Sirwan Mayudi, mengatakan inovasi turun langsung ke pasar-pasar sebagai langkah memudahkan masyarakat yang ingin membayar pajak. Ini dilakukan agar masyarakat tidak perlu repot pergi ke Kantor Samsat.

Adapun syarat yang perlu dibawah saat membayar pajak kendaraan di lokasi pasar, cukup dengan membawa STNK kendaraan. “Tujuan kita agar warga tidak perlu repot datang ke Kantor Samsat. Karena selama ini masih banyak masyarakat yang enggan bayar pajak lantaran malas antre dan tidak punya waktu,” terang Sirwan.

Lebih lanjut dikatakan saat ini pelayanan Samsat yang ada di pasar masih manual, karena masih menunggu mobil Samsat keliling (Samling) dari Pemprov Bengkulu. Tapi dipastikan pelayanan digital akan dimulai pertengahan 2019 ini.

Bila sudah menggunakan pelayanan digital, maka warga yang bayar pajak di pasar hanya butuh waktu beberapa menit saja. “Saat ini kita bekerjasama dengan kepala desa lokasi pasar yang kita sambangi,’’ ujar Sirwan.

Kedepan Samsat juga akan meningkatkan kerjasama dengan kades dalam pembayaran pajak kendaraan. Kerjasama ini yakni menggunakan dana desa, dimana masyarakat boleh bayar pajak pakai dana desa dan cicilannya dibayarkan pada kepala desa. “Ini rencana kita. Bila dana desa sudah cair akan diterapkan program ini,” bebernya.

Salah satu warga Pino Abdul (45) yang langsung membayar pajak di pasar mengungkapkan adanya pelayanan di pasar membuat masyarakat lebih mudah dalam pembayaran pajak karena hanya cukup bawa STNK kendaraan. “Ini bagus, simple dan tidak butuh waktu lama,” ungkapnya pada RB.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Bengkulu Selatan AKP. Kusman Jaya, SH, MH mengatakan dengan adanya inovasi dari Samsat BS buka layanan pajak di pasar, membuat warga sadar akan pentingnya membayar pajak kendaraan dan meminimalisir kendaraan yang mati pajak. “Bagus sekalai semoga tidak ada lagi kendaraan yang kena tilang akibat kendaraan mati pajak,” pungkasnya.(tek)

Berita Lainnya

Pengadilan Agama Manna Deklarasi Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani

KOTA MANNA – Sebagai wujud penyelenggaraan Reformasi Birokrasi dilingkungan peradilan, Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Bengkulu ...

error: Content is protected !!