Sabtu , 25 Mei 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Optimalkan Potensi Sawah

Optimalkan Potensi Sawah

LAHAN: Lahan sawah yang menjadi kebun Kelapa Sawit akan diupayakan untuk dikembalikan seperti semula dan dibangun irigasi. (foto: fintah/rb)

BENTENG – Bengkulu Tengah (Benteng) memiliki potensi sawah seluas 7.600 hektare. Pemkab Benteng melalui Dinas Pertanian dan Peternakan, berupaya untuk mengoptimalkan pengelolaan lahan persawahan. Mengembalikan potensi sawah untuk mendongkrak hasil pertanian, terutama padi untuk kebutuhan warga. Serta mengalihfungsikan sawah yang menjadi kebun sawit kembali ke fungsi sebenarnya.

“Perencanaan tersebut akan didukung oleh peningkatan sarana yang ada,” jelas Kadis Pertanian dan Peternakan, Drs. Supawan Said.

Dijelaskannya, untuk beberapa kebutuhan sarana pendukung pengembalian fungsi lahan persawahan, ini akan dibangun saluran irigasi. Dimana, tahun ini total ada 9 titik irigasi yang siap dibangun. Selain pembangunan saluran kecil irigasi, juga akan ada pembangunan sarana induk irigasi. Misalnya di lokasi persawahan Padang Segaro antara Kecamatan Karang Tinggi dan Taba Penanjung. Pekerjaan untuk irigasi besar tersebut akan ditangani oleh Dinas PUPR Benteng.

“Kami juga berkoordinasi dengan Dinas PUPR,” ujarnya.

Untuk Program swasembada pangan, selain OPD Pertanian dan Peternakan yang menjadi teknis di lapangan juga dilibatkan Dinas PUPR Benteng. Tentunya berharap pembangunan bisa maksimal. Tahun depan petani Benteng sudah bisa menanam 3 kali setahun.

“Dengan pola tanam 3 kali, hasil juga akan maksimal,” demikian Supawan.(vla)

Berita Lainnya

Raih WDP, 91 Pejabat Dirotasi

BENTENG – Sebanyak 91 pejabat di lingkungan Pemkab Bengkulu Tengah (Benteng), terdiri dari 7 pejabat ...

error: Content is protected !!