Sabtu , 23 Maret 2019
Home / Metropolis / Tolak Tawaran Rp 70 juta demi Hobi

Tolak Tawaran Rp 70 juta demi Hobi

SANGAT BAIK: Tanaman bonsai milik Yani (40) yang meraih kategori sangat baik. Tawaran Rp 70 juta pun ditolaknya demi menjalani hobi. (foto: bayu/rb)

Ada cerita menarik dalam kontes bonsai yang diadakan dalam rangka HUT Kota Bengkulu ke-300 yang di bentang dari Rabu (13/3) hingga Minggu (17/3) nanti di halaman stadion Semarak Sawah Lebar, Kota Bengkulu. Apa itu? Simak liputannya.

BAYU ADI PUTRA WIJAYA, Kota Bengkulu

YANI (40) warga Kelurahan Sukarami adalah salah satu peserta lomba kontes bonsai tersebut. Bonsai yang diikutsertakannya dalam ajang kontes ini, harganya cukup fantastis. Kepada RB Kamis (14/3), Yani menuturkan, Rabu (13/3) lalu, ada orang yang menawar bonsai miliknya dengan nilai Rp 70 juta. Kendati angka itu cukup besar, namun Yani sama sekali tak bergeming.

Ia pun menolak tawaran calon pembeli tersebut. Tentu saja sikap tersebut membuat banyak orang yang heran khususnya bagi yang awam terhadap kesenian tanaman bonsai. Ditambahkannya, merawat bonsai tersebut bukan hanya berbicara materi, namun lebih kepada hobi.

Menurutnya, kalau sudah berbicara hobi, maka tidak bisa diukur dengan uang. Menurutnya, banyak para pencinta bonsai yang tidak ingin atau belum mau melepaskan tanaman kesayangannya walaupun ditawar dengan harga hingga mencapai ratusan juta rupiah. “Kemarin bonsai saya masuk dalam kategori best teen (10 terbaik, red) ditawar dengan harga Rp 70 juta, belum saya lepas karena saya masih sayang,” ucapnya.

Dalam kontes kali ini, Yani mengaku menurunkan 3 bonsay kesayangannya untuk dilombakan. Salah satu bonsai yang masuk dalam jenis kategori pohon serut di kelas madya mendapatkan penghargaan menjadi salah satu bonsai terbaik dari 10 peserta yang masuk dalam kategori best teen.

Dalam dunia bonsai, Yani bisa dikatakan belum terlalu lama menekuni hobinya ini. Ia mulai menekuni hobi bonsai sejak 3 tahun yang lalu. Berawal dari hanya melihat teman, ia pun tertarik untuk ikut merawat bonsai. Saat ini Yani telah memiliki berbagai jenis bonsai yang terawat baik di halaman rumahnya, mulai dari beringin, maple, santigi dan lainnya.

Ia melanjutkan, dalam perawatan Bonsai itu gampang-gampang susah. Setiap jenis bonsai memiliki karakter perawatannya masing-masing. Seperti ada yang suka di cuaca panas, ada juga yang di cuaca dingin, bahkan ada juga bonsai yang lebih suka tertanam didekat daerah pantai. “Yang jelas dalam merawat bonsai harus sabar, dan teliti dalam membentuk pohon atau rantingnya,” ujarnya. (**)

Berita Lainnya

120 Siswa Gagal Ikut USBN

BENGKULU – Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SMA dan SMK berakhir, Kamis (21/3). ...