Sabtu , 25 Mei 2019
Home / Daerah / Seluma / 1.067 Boks Surat Suara Tiba di KPU

1.067 Boks Surat Suara Tiba di KPU

TIBA: Surat suara Pemilu 17 April tiba di Sekretariat KPU Seluma, Jumat (15/3). (foto: yayan/rb)

SELUMA – Sebanyak 1.067 boks berisi surat suara telah tiba dan diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma, Jumat dinihari (15/3) pukul 00.15 WIB. Surat suara yang diangkut menggunakan truk kontiner PT. Pos Indonesia tersebut dikawal ketat personel Polres Seluma, mulai tempat percetakan di Jakarta hingga turun di Sekretariat KPU Seluma.

Ketua KPU Seluma, Sarjan Efendi, SE mengatakan setelah surat suara diterima, maka akan dilaksanakan pelipatan. ‘’Besok (hari ini,red) pelipatan surat suara kita mulai. Pelipatan ini diperkirakan akan menghabiskan waktu 12 hari,’’ terang Sarjan, Jumat (15/3).

Ditambahkannya, dalam melakukan pelipatan surat suara ini, KPU Seluma melibatkan 240 warga Seluma yang telah dipilih dan direkrut untuk menjadi petugas pelipat surat suara.

‘’Warga yang kita pekerjakan untuk melipat surat suara ini, yang tinggal di sekitar Kantor Sekretariat KPU Seluma. Jumlahnya ada 240 warga yang kita bagi menjadi 20 kelompok. Satu kelompok beranggotakan tujuh orang,” jelas Sarjan.

Lanjutnya, dalam melakukan pelipatan surat suara ini, dibagi menjadi beberap tahapan. Pertama pelipatan surat suara pilpres, mulai 16-17 Maret. Lalu surat suara untuk DPR RI tanggal 18-19 Maret dan DPD tanggal 20-21 Maret. Sementara surat suara untuk DPRD Provinsi dilakukan pelipatan pada tanggal 22-23 Maret, disusul surat suara DPRD Kabupaten Seluma Dapil 1, 24 Maret, Dapil 2 tanggal 25 Maret, Dapil 3 tanggal 26 Maret serta DPRD Kabupaten Dapil 4 tanggal 27 Maret.

‘’Dalam pelipatan surat suara ini akan diawasi oleh satu orang pengawas yang telah kita tunjuk dari Sekretariat KPU Seluma, yang akan mengawasi hingga proses pelipatan selesai,’’ kata Sarjan.

Pantauan RB, saat tiba di Kantor Sekretariat KPU Seluma, surat suara tersebut belum dilakukan pembongkaran. Pembongkaran dilakukan pagi harinya (kemarin pagi, red) dengan disaksikan oleh Bawaslu dan petugas dari Polres Seluma.

Surat suara masih tersimpan dalam boks yang tertutup rapat dan disegel. Berdasarkan data yang diterima dari perusahaan percetakan, total seluruh surat suara mulai dari surat suara Capres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten berjumlah 707.236 lembar.

‘’Kalau data dari perusahaan percetakan sebanyak itu, terbagi di 1.067 boks. Besok (hari ini,red) kita akan cocokan jumlah tersebut saat boks tersebut kita buka,’’ demikian Sarjan.(aba)

Berita Lainnya

ASN “Panen Duit”, Honorer Gigit Jari

SELUMA – Saat ASN “berpestapora” karena mendekati Idul Fitri 1440 Hijriyah menerima gaji tiga bulan ...

error: Content is protected !!