Sabtu , 25 Mei 2019
Home / Daerah / Kepahiang / 200 Ribu Benih Ikan Nila

200 Ribu Benih Ikan Nila

KEPAHIANG – Potensi ikan air tawar di Kabupaten Kepahiang belakangan ini berkurang. Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Kepahiang dalam waktu dekat akan melepaskan 200 ribu ekor benih ikan nila di perairan umum.

Diungkapkan Plt Kadis KPP Kabupaten Kepahiang Rukismanto, S.Pi, MP bahwa restocking benih ikan nila ini akan disalurkan di 3 kecamatan. Yakni di sungai-sungai Kecamatan Kepahiang, Muara Kemumu dan Tebat Karai. Untuk benih yang akan disebarkan nantinya adalah benih unggul dengan panjang 58 cm.

“Benihnya nanti akan dibagi rata di 3 kecamatan tersebut. Kita berharap melalui kegiatan ini ada peningkatan produksi ikan di wilayah Kabupaten Kepahiang, sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum,” ungkap Rukismanto.

DKPP Kabupaten Kepahiang akan membentuk Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas). Tugasnya melakukan pengawasan atas benih ikan nila yang disebarkan tersebut, hingga tiba masanya bisa ditangkap untuk dimanfaatkan masyarakat sekitar.

“Pokmaswas ini kita bentuk agar benih yang kita sebarkan di sungai-sungai tersebut bisa diawasai, dan tidak dicuri sebelum masa panennya tiba. Selain itu Pokmaswas ini bertugas mengawasi masyarakat agar tidak melakukan penyentruman ikan atau penangkapan ikan secara ilegal. Karena ikan-ikan yang kita lepas di sungai tersebut memang untuk masyarakat. Namun tetap harus diawasi dan diatur terkait penangkapannya,” tegas Rukismanto.

Untuk pemanfaatan ikan nantinya, Rukismanto menambahkan, masyarakat sekitar bisa melakukan pembibitan ulang atau bahkan menjual kembali ikan-ikan yang sudah layak jual, sehingga bisa berdampak terhadap ekonomi masyarakat sekitar.

“Namun tetap saja nantinya akan kita atur pola penangkapan ikan ini, agar tidak dilakukan secara sporadis dan tetap menjaga keberlangsungan ekosistemnya kedepan,” demikian Rukismanto. (sly)

Berita Lainnya

Jalan Lintas Sumatera Rusak

KEPAHIANG – Jelang arus mudik lebaran, beberapa titik jalan lintas Sumatera di Kabupaten Kepahiang rusak ...

error: Content is protected !!