Selasa , 26 Maret 2019
Home / Daerah / Kaur / Akhir Maret BOS Cair

Akhir Maret BOS Cair

KOTA BINTUHAN – Kepala sekolah di Kabupaten Kaur mengeluhkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2019 belum cair. Sementara mereka harus mempersiapkan siswa untuk menghadapi ujian nasional dan ujian akhir sekolah berstandar nasional, serta kegiatan lainnya. Bahkan kepala sekolah harus mengambil kebijakan mengutang di sejumlah toko alat tulis. Utang itu sudah numpuk, belum bisa dibayar.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kabupaten Kaur Lisarmawan membenarkan BOS belum cair. Dikarenakan petunjuk pelaksana (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) BOS 2019 baru saja terbit. Diperkirakan BOS baru akan cair akhir Maret ini. Untuk itu sekolah dimita bersabar, karena Dinas Pendidikan juga tengah menunggu pencairan BOS tersebut.

“Untuk BOS kita juga masih menunggu informasi dari Provinsi Bengkulu kapan masuknya. Namun kita perkirakan paling lambat akhir Maret ini BOS untuk tingkat SD dan SMP di Kaur sudah masuk ke rekening setiap sekolah. Dan kita juga tidak ingin menghambat pencairan BOS yang saat ini dibutuhkan oleh setiap sekolah,” pungkas Kabid Dikdas Lisarmawan kepada RB.

Berdasarkan data alokasi BOS triwulan IV tahun 2018, jumlah BOS untuk SDN sebesar Rp 1,9 miliar, untuk 13.086 siswa dari 129 SD. Untuk SD swasta di Kaur ada lima sekolah, alokasinya Rp 90 juta untuk 419  murid.

Sedangkan tingkat SMPN alokasi BOS yang dikucurkan Rp 994 juta untuk 5.665 siswa yang tersebar di 36 sekolah. Sementara 4 SMP swasta dengan jumlah siswa 149 orang dialokasikan dana BOS sebesar Rp 24,4 juta. Diperkirakan jumlah BOS triwulan pertama tahun 2019 dan triwulan IV tahun 2018 tidak akan jauh berbeda.

“Untuk saat ini semua sekolah sudah menyampaikan laporan triwulan ke IV tahun 2018. Karena dasar untuk mencairkan BOS triwulan pertama tahun 2019 adalah laporan BOS tahun 2018,” pungkas Kabid Dikdas. (cik)

Berita Lainnya

Pendaftar Akpol Masih Minim

KOTA BINTUHAN – Pendaftar Akademi Polisi (Akpol) dari Kabupaten Kaur masih minim. Saat ini baru ...

error: Content is protected !!