Minggu , 26 Mei 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Bangun Jembatan Hemat Rp 20 Miliar

Bangun Jembatan Hemat Rp 20 Miliar

ARGA MAKMUR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara (BU) memastikan menghemat dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Rp 20 miliar dari pembangunan jembatan Kota Lekat, Kecamatan Kerkap dan Jembatan Wonoharjo, Kecamatan Giri Mulya. Hal ini berkat bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Kadis PUPR BU, Heru Susanto, ST menuturkan, jika Kementerian PUPR membantu gelagar jembatan untuk pembangunan dua jembatan tersebut. Sehingga Pemkab BU hanya tinggal membangun lantai aspal dan pondasi di dua jembatan itu.

“Sedangkan yang mahal dari pembanguann jembatan tersebut adalah gelagar. Karena kita meningkatan jembatan dari jembatan yang sebelumnya jembatan gantung menjadi jembatan gelagar,” terangnya, Jumat (15/3).

Menurutnya, termahal diperkirakan adalah pembanguann jembatan Kota Lekat. Pasalnya panjang jembatan mencapai 30 meter sehingga membutuhkan dana Rp 20 miliar lebih untuk pembelian gelagar baja. Untungnya, Pemkab BU mendapatkan bantuan dari Kementerian PUPR.

“Tahun ini akan kita lakukan pemasangan gelagar dan jembatan akan selesai,” katanya.

Dua jembatan desa itu selama ini hanya jembatan gantung yang bisa dilintasi motor. Dengan pembangunan jembatan gelagar, jembatan itu akan bisa dilintasi mobil yang mengangkut hasil perkebunan masyarakat.

“Jembatan dibuat dengan standar jembatan jalan lintas. Jadi memang dibutuhkan masyarakat,” pungkas Heru. (qia)

Berita Lainnya

THR ASN Dibayarkan Senin

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara (BU) akan membayarkan gaji ke-14 atau Tunjangan Hari Raya ...

error: Content is protected !!