Minggu , 26 Mei 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Cetak Sawah Baru

Cetak Sawah Baru

CURUP – Untuk meningkatkan hasil produksi padi di Kabupaten Rejang Lebong (RL) serta mengantisipasi perubahan lahan sawah menjadi lahan permukiman, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten RL tahun ini akan mengupayakan pembukaan lahan cetak sawah baru. Bahkan setidaknya sudah ada beberapa calon wilayah yang akan dijadikan lahan cetak sawah baru.

Disebutkan Kadis Pertanian dan Perikanan Kabupaten RL Taman, SP, M.Si sudah ada beberapa wilayah yang akan menjadi pantauan. Yaitu Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU), Sindang Beliti Ilir (SBI) serta beberapa kecamatan lainnya. Karena memang dibeberapa wilayah kecamatan tersebut masih memiliki cukup tinggi potensi lahan cetak sawah baru. ‘’Potensinya bisa mencapai ratusan hektare di beberapa kecamatan tersebut,’’ kata Taman.

Dilanjutkan Taman, dalam dua kecamatan tersebut saja, selain lahanya yang masih cukup luas, dukungan sungai dan mata air disana memang cukup memadai. Sehingga nanti ketika direalisasikan cetak sawah baru, tidak terjadi kesulitan sumber air. Karena memang dukungan sumber air untuk mengairi areal persawahan tersebut menjadi faktor utama dan sangat penting.

‘’Dari data yang ada, Kabupaten Rejang Lebong memiliki 9.870 hektare lahan sawah yang tersebar di 15 kecamatan. Jumlah ini belum ditambah dengan lahan pertanian atau sawah padi darat atau gogo yang jumlahnya lebih dari duaribu hektare. Dengan adanya penambahan lahan baru nantinya, jelas secara otomatis akan menambah jumlah produksi di Kabupaten Rejang Lebong,’’ demikian Taman.(dtk)

Berita Lainnya

Pemilik dan Pekerja Tambang Ilegal Ditahan

CURUP – Penyidik Satreskrim Polres Rejang Lebong (RL) akhirnya menuntaskan penyidikan kasus dugaan tambang tradisional ...

error: Content is protected !!