Selasa , 26 Maret 2019
Home / Metropolis / Cuaca Panas Bukan Dipicu Badai Matahari

Cuaca Panas Bukan Dipicu Badai Matahari

MENJAUH: Awan terpantau bergerak menjauh dari Bengkulu sehingga membuat cuaca siang kemarin terasa sangat panas. (foto: yudi/rb)

BENGKULU – Badai matahari yang diperkirakan terjadi Jumat (15/3) sempat beredar di media sosial (medsos). Terlebih lagi, cuaca di Kota Bengkulu kemarin sangat panas. Hal inipun ditanggapi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Pulau Baai Bengkulu.

Kasi Informasi dan Data, H. Sudiyanto S.P melalui Forecaster BMKG, Anang menjelaskan, dampak dari badai matahari tidak berpengaruh langsung terhadap cuaca dan manusia. Apalagi Indonesia yang berada di wilayah ekuator memiliki kemungkinan sangat kecil untuk mengalami gangguan badai geomagnetic yang terjadi apabila terjadi badai matahari.

“Enggak ada pengaruh langsung untuk cuaca, pengaruhnya ke alat elektronik yang menggunakan gps ataupun medan magnet,” ujar Anang.

Ia menjelaskan bahwa alat yang menggunakan Global Positioning System (GPS) biasanya berupa alat navigasi, handphone dan lain lain. Sementara itu, untuk kondisi cuaca yang sangat panas ketika siang hari disebabkan karena terjadinya perjalanan matahari. Itu menyebabkan cuaca terasa sangat panas karena jumlah awan yg menutupi wilayah Bengkulu sedikit.

Menurut pantauan BMKG, hal itu dikarenakan kondisi awan yang terkonsentrasi di Samudera Hindia dan menjauhi pulau Sumatera. “Jadi cuaca panas kemarin bukan karena badai matahari, ini karena jumlah awannya sedikit,” lanjutnya.

Ia menyatakan bahwa menurut perkiraan, kondisi awan yang menjauhi Sumatera akan terjadi selama beberapa hari ke depan sehingga cuaca akan terasa sangat panas pada siang hari. Akan tetapi, dengan adanya pengaruh lokal angin laut dan angin darat.

Provinsi Bengkulu akan tetap terjadi hujan di waktu sore atau malam hari. Seperti yang dilansir RB sebelumnya, bahwa mulai dari 10 Maret sampai 10 April mendatang akan ada hujan menengah besar yang melanda Provinsi Bengkulu. Peluang hujan menengah besar akan terjadi dengan peluang 80 sampai 100 persen. (cw1)

Berita Lainnya

Mutasi Perdana Hemi-Dedy, 35 Pejabat Eselon Digeser

BENGKULU – Sebanyak 35 pejabat eselon II, eselon III dan eselon IV di lingkungan Pemerintah ...

error: Content is protected !!