Minggu , 24 Maret 2019
Home / Daerah / Seluma / Dinas Perikanan Libatkan TNI AL

Dinas Perikanan Libatkan TNI AL

PANTAU: Personel Pos TNI AL Seluma memantau situasi nelayan di Pantai Desa Penago, Kecamatan Ilir Talo, Jumat (15/3). (foto: yayan/rb)

SELUMA – Walaupun di peraiaran laut Seluma, saat ini belum ditemukan adanya kapal nelayan menggunakan alat tangkap trawl, namun Dinas Perikanan Seluma, tetap turun melakukan pemantauan. Kegiatan ini juga melibatkan anggota TNI AL dari Pos AL di Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan.

‘’Kalau saat ini memang belum kita temui ada kapal trawl beroperasi di perairan laut Seluma. Tapi kita tidak mau kecolongan, kita telah bekerjasama dengan Pos AL yang ada di Desa Pasar Seluma untuk ikut membantu melakukan pengawasan,’’ jelas Kadis Perikanan Seluma, Emzaili Hambali, S.Pd, saat ditemui di ruangan kerjanya, Jumat (15/3).

Untuk memaksimalkan pengawasan perairan laut Seluma tersebut oleh Pos AL Seluma, Dinas Perikanan telah menyerahkan satu unit perahu karet. ‘’Selain itu, dari pihak kita pun terus melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap keberadaan kapal trawl ini. Kita tidak akan lengah untuk berhenti mengawasi,’’ imbuh Emzaili.

Selain itu, dalam melakukan pengawasan kapal trawl, Dinas Perikanan juga bekerja sama dengan semua nelayan Seluma. Nelayan diimbau untuk ikut membantu melakukan pengawasan terutama saat mereka melaut. ‘’Jika menemukan ada kapal trawl yang beroperasi untuk segera melapor, agar dapat ditindak tegas,’’ tandas Emzaili.

Nelayan Seluma juga diimbau untuk tidak berbuat anarkis jika menemukan kapal trawl beroperasi di perairan laut Seluma. Cukup dengan menginformasikan ke Dinas Perikanan yang nantinya akan disampaikan ke Pos AL untuk dilakukan penindakan.

‘’Hindari tindakan main hakim sendiri. Jangan sampai terjadi bentrok yang memungkinkan jatuhnya korban. Cukup lapor saja, kami dan pihak TNI AL akan turun melakukan penindakan,’’ pungkasnya.(aba)

Berita Lainnya

Izin Belum Lengkap, Tambak Beroperasi

SELUMA – Salah satu tambak udang di Desa Genting Juar, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM), ...