Selasa , 26 Maret 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Ditemukan Bercak Noda, Kusut Hingga Robek

Ditemukan Bercak Noda, Kusut Hingga Robek

PELIPATAN: Masyarakat ikut dipekerjakan untuk melipat surat suara, Jumat (15/3). (foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Pelipatan surat suara dikebut. Sebanyak 100 orang dikerahkan klaim KPU Mukomuko. Kendati ketika RB mendatangi lokasi dengan menghitung sendiri, hanya ada 50 orang. Pelipatan surat suara dilakukan depan gudang logistik KPU Mukomuko.

‘’Kamis Jumat (14/3) sebanyak 80 orang. Dan hari ini (kemarin, red) sudah diminta ditambah jadi 100 orang. Mungkin belum datang semua,’’ kata Ketua KPU Mukomuko, Irsyad saat ditemui di Sekretariat KPU Mukomuko.

Irsyad membenarkan, terdapat sejumlah surat suara yang rusak. Jenis kerusakan seperti ada bercak noda, kusut, dan ada yang robek. Tetapi jumlahnya diprediksi belum sampai puluhan.

“Sudah kita pisahkan. Nmaun memang belum ada dihitung. Setelah seluruh selesai baru diitung jumlah yang rusak dan bentuk kerusakannya,” papar Irsyad.

Ia menginginkan pelipatan surat suara semuanya selesai kemarin (15/3). Maka tenaga yang direkrut untuk lipat surat suara, diminta bekerja hingga malam hari. Sampai siang kemarin, baru pelipatan surat suara untuk DPRD Mukomuko yang sudah selesai. Dimulai dari Dapil III, lalu Dapil II hingga surat suara Dapil I.

Kemudian dilanjutkan pelipatan surat suara untuk DPRD Provinsi Bengkulu. Lanjut ke DPR RI, serta DPD RI. Dan terakhir melipat surat suara untuk pemilihan presiden. “Pada yang rusak umumnya bagian paling atas dan bagian paling bawah. Kami duga ini disebabkan saat pemindahan surat suara dari mesin percetakan. Sebab saat diangkat bukan pakai tenaga manusia. Karena yang rusak tersebut hanya bagian atas dan bawah,” prediksi Irsyad.

Belum diketahui langkah berikut untuk penanganan surat suara. Apakah nanti dikirim lagi ke pusat, atau tetap berada di KPU Mukomuko.

“Menunggu petunjuk, apakah dimusnahkan apa dibalikkan. Kemungkinan kecil dibalikkan. Bisa saja dimusnahkan, bersamaan dengan surat suara yang tidak terpakai atau lebih,” papar Irsyad.

Untuk diketahui Mukomuko kebagian 647.872 lembar surat suara. Terdiri surat suara presiden dan wakil presiden sebanyak 128.774 lembar. Lalu jumlah yang sama surat suara dewan perwakilan daerah (DPD).

Untuk dewan perwakilan rakyat (DPR) daerah pemilihan (Dapil) Bengkulu dengan jumlah yang sama yakni 128.774 lembar. Lanjut ke surat suara dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Dapil Bengkulu 3. Ada sebanyak 128.774 lembar surat suara.

Selanjutnya surat suara DPRD Kabupaten Dapil 1, sebanyak 45.197 lembar. Untuk DPRD Kabupaten Dapil 2, ada 43.804 lembar. Dan surat suara Pemilu DPRD Kabupaten Dapil 3, terdata sebanyak 42.775 lembar surat suara.(hue)

Berita Lainnya

Aktivitas Karaoke dan Panti Pijat Dibatasi

MUKOMUKO – Mediasi antara pengusaha pemlik usaha karaoke dan panti pijat, berhasil digelar. Dimediasi oleh ...

error: Content is protected !!