Selasa , 26 Maret 2019
Home / Daerah / Lebong / Dua Bulan, Cadangan Pangan 51 KK Dijamin

Dua Bulan, Cadangan Pangan 51 KK Dijamin

BANTUAN: Wabup Lebong, Wawan bagikan cadangan pangan bantuan provinsi melalui DKP kepada 51 KK pemilik lahan sawah yang rusak akibat diterjang banjir. (foto: aris/rb)

LEBONG SAKTI – Cadangan pangan berupa beras sebanyak 2,04 ton dibagikan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Lebong kepada 51 Kepala Keluarga (KK) pemilik lahan sawah yang rusak akibat bencana banjir di Lebong Februari lalu. Beras bantuan dari provinsi itu diserahkan langsung Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Wawan Fernandez, SH, M.Kn dan Kepala DKP Kabupaten Lebong, Tina Herlina, SP, MM kepada masing-masing penerima Jumat (15/3).

Setiap KK penerima bantuan menerima 40 kilogram beras. Jumlah itu cukup untuk cadangan pangan masing-masing KK selama 2 bulan. ‘’Jumlah bantuan itu sesuai penghitungan tim dari DKP Provinsi Bengkulu dengan asumsi per orang mengonsumsi beras 400 gram setiap harinya,’’ ujar Kepala DKP Kabupaten Lebong, Tina Herlina, SP, MM didampingi Sekretaris, Indra Gunawan, SP, M.Si kepada RB.

Jika cadangan pangan kepada 51 KK itu masih kurang karena lahan sawah benar-benar tidak bisa dikelola alias gagal panen dalam musim tanam tahun ini, Indra pastikan masing-masing penerima bantuan masih berpeluang mendapatkan cadangan pangan tambahan. Tentunya jika usulan DKP Lebong kembali disetujui pihak provinsi. ‘’Mudah-mudahan cadangan beras yang diberikan itu cukup untuk membantu para petani hingga sawahnya kembali panen,’’ terang Indra.

Untuk mengantisipasi kekurangan cadangan pangan, dalam perumusan APBD Perubahan tahun ini DKP akan mengusulkan anggaran pengadaan cadangan beras. Jumlahnya 100 ton sesuai amanat Peraturan Menteri Pertanian Nomor 65 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Ketahanan Pangan Provinsi dan Kabupaten/Kota. ‘’Kalau dalam APBD perubahan tidak terakomodir, setidaknya bisa diakomodir dalam APBD 2020,’’ tutur Indra.

Sementara saat membagikan beras cadangan pangan kepada 51 KK penerima, Wabup berpesan agar petani yang lahan sawahnya rusak akibat bencana tidak bersikap manja. Diharapnya masing-masing petani semakin bersemangat mengelola lahan sawahnya. Untuk kebutuhan benih dan sarana tanam penunjang bagi petani yang menjadi korban bencana, Pemkab Lebong telah meminta Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) mengusulkan bantuan ke provinsi. ‘’Begitu juga untuk penanganan bencana, kami telah meminta OPD (organisasi perangkat daerah, red) teknis menindaklanjutinya,’’ kata Wabup.

Pantauan RB, 51 KK penerima bantuan cadangan beras itu berasal dari tiga kecamatan. Yakni 26 KK warga Desa Tabea Kauk, Kecamatan Lebong Sakti, 21 KK warga Desa Bukit Nibung, Kecamatan Bingin Kuning dan 44 KK warga Desa Embong Uram, Kecamatan Uram Jaya.(sca/krn)

Berita Lainnya

Minat Baca Masyarakat Masih Rendah

LEBONG TENGAH – Kendati sudah dilengkapi bahan bacaan yang jumlahnya mencapai 1.300an judul, namun Perpustakaan ...

error: Content is protected !!