Sabtu , 25 Mei 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Dua Jabatan Nihil Pelamar

Dua Jabatan Nihil Pelamar

Edi Suntono

MUKOMUKO – Pendaftaran peserta lelang jabatan khusus untuk dua jabatan, hingga jadwal pendaftaran ditutup Jumat (15/3), masih sepi pelamar.

Meski sudah diperpanjang, dua jabatan itu tetap tidak ada tambahan PNS yang mendaftar. Yakni jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (B3D)

Sehingga untuk dua jabatan tersebut tidak dilanjutkan tahapan seleksi terbuka. Masuk ke tahapan berikutnya, hanya untuk jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Kepala Dinas Pertanian (Distan).

Namun bukan berarti untuk jabatan Kepala Dinas PUPR dan Bapelitbangda bakal semakin lama tanpa jabatan defenitif. Pasalnya, Bupati Mukomuko H. Choirul Huda, SH, selaku pejabat pembina kepegawaian tetap punya peluang menunjuk pejabat defenitif.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mukomuko, Edi Suntono, SH, mengatakan bupati bisa menyampaikan usulan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Melaksanakan mutasi untuk jabatan yang kosong jabatan. Karena upaya pengisiannya melalui seleksi terbuka sudah dilaksanakan. Bahkan sudah diperpanjang. Namun masih tetap nihil pelamar.

“Kita akan konsultasikan dulu ke KASN. Katanya, bisa diisi dengan du acara. Mengajukan usulan mutasi oleh pejabat Pembina kepegawaian ke KASN. Atau bisa juga dengan menggunakan ujian kompetensi,” terang Edy.

Usulan tentunya turut disampaikan dasar dan alasan, mengapa sampai mengajukan langkah tersebut. Jika KASN menyetujui usulan itu, maka Bupati bisa langsung menggelar mutasi untuk mengisi dua jabatan yang kosong.

Tapi konsekuensinya akan ada dua jabatan lain yang bakal kosong. Karena untuk mengisi jabatan kepala Dinas PUPR dan kepala Bapelitbangda, hanya boleh mengangkat PNS yang sedang menjabat jabatan eselon II.

“Kalau untuk mengangkat dari eselon III ke eselon II, harus seleksi terbuka. Tidak masalah mengosongkan jabatan yang lain, jika memang dianggap perlu. Misal, dengan mengosongkan jabatan staf ahli, demi OPD yang ada berjalan programnya,” terang Edy.

Adapun PNS yang melamar di dua jabatan yang tetap berlanjut tahapan seleksi terbukanya, diantaranya, Heri Prastyono, S.STP. Sekretaris Distan ini melamar untuk jabatan kepala Distan dan kepala DLH. Lalu Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Wahyu Hidayat juga melamar untuk jabatan yang sama dengan Heri.

Sedangkan Rahmad Hidayat, S.Pi, melamar jabatan kepala Distan dan juga kepala Bapelitbangda. Lalu Budi Yanto, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) melamar kepala DLH dan kepala Distan.

“Agus Harvinda, ST, M.Si, Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, dan Yan Daryat, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Keduanya hanya melamar satu jabatan. Yakni kepala Bapelitbangda,” demikian Edy.(hue)

Berita Lainnya

Tidak Bayar THR, Segera Laporkan

MUKOMUKO – Kabid Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan dan Tenaga Kerja ...

error: Content is protected !!