Minggu , 24 Maret 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Harapkan Berkah, Nelayan Sedekah Pantai

Harapkan Berkah, Nelayan Sedekah Pantai

SEDEKAH LAUT: Kelompok nelayan Alun Utara melakukan sedekah dan pemotongan seekor kambing untuk memperoleh berkah dalam melaksanakan kegiatan penangkapan ikan di lautan. (foto: fintah/rb)

BENTENG – Nelayan di Desa Pekik Nyaring, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), Jumat (15/3) melakukan sedekah pantai dengan menyembelih seekor kambing. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh berkah yang baik dalam usaha mencari ikan di lautan.

Ketua Adat Pekik Nyaring, Sutan Lostri menjelaskan, kegiatan ini sebelumnya pernah dilakukan. Namun sejak 3 tahun terakhir vakum karena beberapa pesoalan. “Saat ini kami ingin menggalakkan kembali,” jelasnya.

Tujuan kegiatan ini tak lain untuk memperoleh berkah yang positif, serta keselamatan terutama nelayan yang berjuang mencari ikan di laut lepas. Mengingat, resiko keselamatan sangat rentan. Apalagi disaat cuaca yang sedang kurang bersahabat, tentunya keselamatan mencari hal yang utama. Selain itu, dengan kekayaan lautan yang melimpah, berharap seluruh nelayan di Pekik Nyaring bisa mendapatkan hasil yang maksimal. “Kalau pulang, hasil tangkapan mudah-mudahan bisa banyak,” ujarnya.

Hal lainnya, tentu saja prosesi ini bisa menjadi salah satu kegiatan yang akan mengundang banyak wisatawan. Beberapa proses mulai dari pemotongan kambing, hingga mengalurkan kepala kambing di laut, yang ditutup dengan doa bersama seluruh keluarga nelayan. Proses ini semua diselesaikan dalam waktu satu hari.

“Seperti kegiatan syukuran lainnya yang tujuannya sama untuk memperoleh keberkahan,” demikian Sutan. (vla)

Berita Lainnya

DBD Serang 4 Warga Karang Tinggi

BENTENG – Empat orang warga Desa Karang Tinggi, menjadi korban wabah Demam Berdarah Dengue (DBD). ...