Sabtu , 25 Mei 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Lebih 20 Surat Suara Ditemukan Rusak

Lebih 20 Surat Suara Ditemukan Rusak

SURAT SUARA: Proses pelipatan dan pengecekan surat suara Pemilu yang mulai dilakukan, Jumat (15/3) juga ikut melibatkan masyarakat. (foto: shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Sebanyak 100 warga, terutama Kota Arga Makmur mendatangi gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu Utara (BU), Jumat (15/3). Mereka ikut serta dalam pelipatan dan pengecekan surat suara. Hasilnya, lebih dari 20 surat suara ditemukan rusak dalam pelipatan tersebut.

Kerusakan yang ditemukan adalah cat atau tinta pada gambar atau tulisan nama Caleg ataupun Capres yang tidak terang di salah satu sisinya. Ini dinilai sebagai surat suara yang rusak dan akan dilaporkan ke KPU Provinsi.

“Ada tinta dan tidak sama tingkat kecerahannya. Ini kita simpan dulu untuk kita laporkan sebagai surat suara yang rusak,” kata Ketua KPU BU, Roges Mawansyah.

Pelipatan dan pemeriksaan akan kembali dilakukan hari ini (16/3), termasuk mencari surat suara yang rusak. Namun kemarin (15/3) belum ditemukan surat suara yang rusak karena sobek ataupun tercoblos.

“Kerusakan yang kita temukan masih kerusakan wajar yang terkait dengan pecetakan, seperti tinta gambar,” ujarnya.

Surat suara yang sudah dilipat dan diperiksa pun kembali diamankan dalam gudang KPU dan dijaga ketat polisi. Pelipatan suarat suara juga dijaga ketat polisi menghindari adanya peserta pelipatan yang nakal.

“Jumlah surat suara yang kita keluarkan untuk dilipat sama dengan jumlah yang telah dilipat, termasuk yang rusak,” pungkas Roges. (qia)

Berita Lainnya

THR ASN Dibayarkan Senin

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara (BU) akan membayarkan gaji ke-14 atau Tunjangan Hari Raya ...

error: Content is protected !!