Minggu , 26 Mei 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Mei Dana Kelurahan Cair

Mei Dana Kelurahan Cair

KEPAHIANG – Kabar gembira bagi warga di kelurahan se Kabupaten Kepahiang. Saat ini Dana Kelurahan (DK), program pemerintah pusat telah masuk ke kas daerah Kabupaten Kepahiang. Jika tidak ada kendala, Mei ini DK akan dicarikan tahap pertama.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepahiang, Zamzami Zubir, SE, MM mengungkapkan, sebelumnya DK masih terkendala regulasi dari pusat. Namun untuk saat ini sudah mendapatkan kejelasan. Dalam tahun 2019 ini DK sudah bisa dikucurkan ke tiap kelurahan di Kabupaten Kepahiang.

“Beberapa regulasi yang dibutuhkan terkait DK ini, saat ini sudah turun, baik dari Kemendagri maupun Kemenkeu. Hanya saja kita masih menunggu juklak dan juknis serta Peraturan Bupati. Kemudian baru bisa kita lakukan pencairan atas DK ini. Tidak lama, diperkirakan bulan Mei sudah bisa dilakukan pencairan tahap pertama,” jelas Zamzami.

Ia juga tak menampik, DK tersebut  saat ini sudah ada di kas daerah. Hanya saja  belum bias dicarikan. Menunggu teknis dan regulasi Pemkab Kepahiang, melalui Dinsos PMD Kabupaten Kepahiang. “Dananya sudah siap, kemungkinan pencairan dilakukan bertahap sama seperti DD,” ujarnya.

Ada 12 kelurahan se Kabupaten Kepahiang akan mendapatkan kucuran dana Rp 13,4 miliar. Bersumber dari APBN 2019 senilai Rp 4,6 miliar dan APBD Kabupaten Kepahiang 2019 senilai Rp 8,6 miliar.

Besaran anggaran setiap kelurahan berbeda-beda. Pasalnya untuk DK dari APBN senilai Rp 4,6 miliar akan dibagi rata kepada 12 kelurahan. Sementara untuk DK yang bersumber dari APBD Kabupaten, akan dibagi berdasarkan jumlah penduduk, luas wilayah kelurahan dan potensi yang dimiliki oleh kelurahan.

“Untuk itu kita berharap seluruh kelurahan yang ada, bisa segera menyampaikan profil kelurahannya agar DK ini bisa segera dicairkan dalam waktu dekat ini,” demikian Zamzami (sly)

Berita Lainnya

Jalan Lintas Sumatera Rusak

KEPAHIANG – Jelang arus mudik lebaran, beberapa titik jalan lintas Sumatera di Kabupaten Kepahiang rusak ...

error: Content is protected !!