Minggu , 24 Maret 2019
Home / Metropolis / Ombudsman Apresiasi Zona Bebas Korupsi

Ombudsman Apresiasi Zona Bebas Korupsi

Herdi Puryanto

BENGKULU – Kepala Ombudsman RI Bengkulu,  Herdi Puryanto, SE mengapresiasi kegiatan deklarasi pencanangan zona Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dilakukan oleh sejumlah instansi pemerintahan.

Dikatakan Herdi, hal itu merupakan bentuk nyata dari komitmen positif. Sehingga, individu yang telah baik dan berintegritas mampu bekerja dan melayani masyarakat dengan baik. “Saya selalu berharap agar penandatangan pencanangan zona integritas tidak sekadar seremonial belaka, tetapi harus ada perbaikan nyata pada pelayanan seluruh instansi,”jelasnya.

Herdi menambahkan, nilai-nilai kejujuran, loyalitas, komitmen dan niat memperbaiki harus benar-benar dijalankan oleh seluruh aparatur negara, karena masyarakat mempunyai hak untuk dilayani dengan baik. Upaya pencanangan ini juga diharapkan bisa mencegah penyimpangan serta dapat melindungi aparatur dari tindakan koruptif.

“Semakin banyak instansi atau lembaga yang membangun integritas birokrasinya melalui pencanangan zona integritas, tentu akan semakin bagus pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Diterangkannya, penandatanganan Pakta Integritas dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) secara terbuka  ini merupakan langkah awal menuju WBK dan WBBM. Sebagaimana diatur didalam Inpres Nomor 17 Tahun 2011 & Permenpan RB Nomor 60 Tahun 2012. “Pelibatan Ombudsman sebagai Tim Penilai Nasional agar nantinya dapat melakukan evaluasi dalam pelaksanaan dan pencanangan WBK dan WBBM,” tutupnya. (cw2)

Berita Lainnya

Tarif Parkir Bakal Naik

BENGKULU – Rencana Pemkot Bengkulu ingin merevisi Peraturan Daerah (Perda) Retribusi Parkir di Kota Bengkulu ...