Selasa , 26 Maret 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Pemkab Tunggu Jawaban Pembebasan Lahan Hutan 

Pemkab Tunggu Jawaban Pembebasan Lahan Hutan 

Mian

ARGA MAKMUR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara (BU) masih menunggu jawaban Menteri Kehutanan terkait pengajuan pembebasan dan penurunan status lahan hutan. Lahan tersebut adalah lahan hutan yang kini sudah berdiri pemukiman masyarakat.

Bupati BU, Ir. H Mian menuturkan, kawasan yang diajukan adalah kawasan Dusun Air Kuro, Kawasan Kelurahan Kemumu, serta Kecamatan Ketahun dan Giri Mulya. “Meski tercatat kawasan hutan, namun beberapa titik sudah berdiri pemukiman masyarakat permanen,” ujar Mian, Jumat (15/3).

Mian mengatakan, saat ini pemerintah pusat tengah melaksanakan program pemberian lahan pada masyarakat. Hal ini dimanfaatkan Pemkab BU untuk mengajukan pembebasan dan menurunan status hutan.

“Dengan adanya pembebasan, masyarakat bisa memiliki alas hak, mereka bisa memanfaatkan untuk pengajuan kredit untuk menambah pengembangan usaha,” terangnya.

Tak hanya kawasan pemukiman, Pemkab BU juga berharap adanya hutan sosial untuk masyarakat. Sehingga masyarakat yang tinggal di pelataran hutan bisa mengelola hutan dengan tanaman ringan yang menambah ekonomi masyarakat.

“Hutan sosial ini hutan untuk kepentingan masyarakat, dikelola kelompok dan hasilnya untuk masyarakat setempat,” pungkas Mian. (qia)

Berita Lainnya

Enam Warga Tewas Kecelakaan Akibat Ugal-ugalan

ARGA MAKMUR – Jika biasanya kerusakan jalan menjadi penyebab utama kecelakaan, belakangan ini justru jalan ...

error: Content is protected !!