Kamis , 21 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Penangkaran Penyu Butuh Bantuan

Penangkaran Penyu Butuh Bantuan

PENANGKARAN: Tempat penangkaran penyu di Desa Pekik Nyaring, Kecamatan Pondok Kelapa saat ini sudah melepaskan ribuan tukik ke lautan. (foto: fintah/rb)

BENTENG – Kelompok nelayan penangkaran penyu Alun Utara di Desa Pekik Nyaring, Kecamatan Pondok Kelapa, saat ini membutuhkan bantuan terutama anggaran untuk pembelian telur penyu. Saat ini, telur penyu didapatkan dari berbagai pihak yang ikut mendukung perkembangbiakan penyu.

“Meskipun mendukung, kami tetap harus mengganti rugi uang lelah bagi yang berhasil menemukan telur penyu,” jelas Ketua Kelompok Penangkar Penyu Alun Utara, Zulkarnedi,  Jumat (15/3).

Dijelaskannya, bantuan dari pemerintah sudah lama diberikan sejak mulai berdiri, tepatnya tahun 2015 lalu. Bantuan tersebut, seperti pendirian bangunan untuk penangkaran anak penyu sebelum dilepaskan kembali ke laut.

Saat ini, Zulkarnedi berharap pihak lain juga bisa membantu, karena kalau tidak dilakukan seperti yang sudah berjalan selama 3 tahun terakhir, bukan hal mustahil penyu bisa mengalami kepunahan. “Apalagi, penangkaran penyu ini merupakan yang terdekat dengan Kota Bengkulu,” katanya.

Beberapa kebutuhan penangkaran yang harus tersedia, seperti lokasi, penambahan bak penampungan tukik dan juga tentunya pakan untuk anak penyu sebelum dilepaskan ke laut. Saat ini, diakui Zulkarnedi pihaknya masih memiliki sekitar 1.380 telur penyu yang masih dalam proses penetasan. Namun, karena terkendala tempat, pihaknya hanya menetaskan melalui baskom yang diisi dengan pasir.

“Jumlah penyu yang sudah dilepaskan, juga sudah mencapai ribuan. Habitat di sepanjang pantai Kecamatan Pondok Kelapa, masih sangat banyak ditemukan penyu melakukan proses penelurannya. Hal ini jangan sampai menjadi santapan pihak yang tidak bertanggung jawab, karena akan mempercepat punahnya hewan laut tesebut,” terangnya.

Selain itu, Zulkarnedi juga berharap ada pihak yang bisa membantu terutama dalam penggiatan secara bersama untuk penangkaran penyu ini. Jika dilakukan terus menerus, hal ini akan mendatangkan  dampak positif. “Bisa juga dimasukkan dalam kurikulum pembelajaran untuk siswa sekolah yang ada di Kabupaten Benteng khususnya,” tutupnya. (vla)

Berita Lainnya

Pemilih Pemula Awasi Pilgub

BENTENG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bengkulu Tengah mengajak peran serta pelajar sebagai pemilih pemula ...