Selasa , 16 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Program RSP Ketahun Terbaik se-Indonesia

Program RSP Ketahun Terbaik se-Indonesia

ARGA MAKMUR – Program Rumah Sakit Pratama (RSP) Ketahun, Bengkulu Utara (BU) menjadi RSP terbaik se-Indonesia dari Program Kementerian Kesehatan. RSP terbaik dari segi pembangunan dan kecepatan pelayanan dan banyaknya pasien yang mendatangi RSP sejak didirikan.

Sejak beroperasi Januari 2018 lalu, pada Maret 2018 RSP Ketahun sudah melayani lebih dari 1.000 pasien. RSP Ketahun juga sudah bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan melakukan pelayanan pada pasien BPJS.

“Kita juga terbaik karena dukungan Pemkab dalam menyiapkan sarana prasarana rumah sakit yang terbilang cepat. Makanya RSP Ketahun terbaik se Indonesia versi Kemenkes,” kata Bupati BU, Ir. H Mian, Jumat (15/3).

Namun ia mengakui saat ini RSP Ketahun masih kekurangan dokter terutama dokter spesialis. Hal ini lantaran perekrutan yang dilakukan dalam tes CPNS lalu gagal tepenuhi, lantaran tidak ada pendaftaran formasi dokter spesialis penyakit dalam, anak, kandungan dan dokter gigi.

“Kita juga tidak bisa menyalahkan, karena memang tidak  ada pendaftarnya. Sedangkan dalam tes CPNS sudah ada formasi,” ujar Mian.

Dalam kunjungan Menteri Kesehatan (Menkes) ke Provinsi Bengkulu Kamis (14/3) lalu, Pemkab BU sudah menyampaikan kekurangan dokter tersebut. Kemenkes siap memenuhi kebutuhan dokter di BU dengan mengirimkan dokter spesialis yang baru lulus yang wajib memenuhi jam tugas.

“Kita sangat menunggu itu. Karena kini terkait dengan pelayanan pasien,” tuturnya.

Syaratnya Pemkab BU harus menyiapkan rumah tinggal, tunjangan khusus kelangkaan profesi hingga kendaraan dinas. Hal ini sudah disanggupi Pemkab BU, bahkan kini sudah ada tiga mobil dinas (Mobnas) yang disiapkan untuk dokter spesialis tersebut.

“Kita ada Mobnas yang dibelanjakan dari dana kendaraan dinas bupati. Karena tidak mungkin kita anggarkan lagi, jadi anggaran belanja kendaraan dinas kepala daerah kita sudah  beli dan akan kita berikan pada dokter spesialis yang bertugas di BU,” pungkas Mian. (qia)

Berita Lainnya

Siswa Kurang Mampu Bakal Dapat Bantuan

ARGA MAKMUR – Hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru 2019-2020, Bupati Bengkulu Utara (BU) ...

error: Content is protected !!