Sabtu , 25 Mei 2019
Home / Metropolis / Sistem Aplikasi Poin Kinerja Segera Berlaku

Sistem Aplikasi Poin Kinerja Segera Berlaku

Marjon

BENGKULU – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu akan memberlakukan penerapan sistem online aplikasi administrasi laporan kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait pembayaran tambahan penghasilan pegawai (TPP) akan segera terwujud dalam waktu dekat ini. Hal ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kota Bengkulu, Drs. Bujang HR, MM.

Bujang mengatakan  untuk penerapan TPP tersebut, pihaknya sedang mempelajari dari Kota Bandung yang sudah menggunakan sistem aplikasi poin penilaian untuk sistem pembayaran TPP ASN. “Jadi untuk TPP Insya Allah kita akan terapkan hampir sama dengan Kota Bandung yang menggunakan aplikasi online untuk poin kinerjnya. Ya mudah-mudahan akan segera diberlakukan secepatnya,” kata Bujang.

Dijelaskan Bujang, terkait angka TPP belum ada perubahan kecuali peningkatan untuk camat dan lurah. Namun  seperti diketahui jika sistem pembayaran TPP para ASN tersebut harus berkembang lebih baik lagi kedepannya.

“Karena Pemkot akan terus melakukan evaluasi dan terobosan baru dalam pembayaran TPP ASN tersebut,” tambahnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bengkulu, Marjon, M.Pd mengungkapkan, sistem poin kinerja tersebut dalam besaran pembayaran poin-poin penilaiannya tergantung kinerja yang dilakukan para ASN. Ia mencontohkan misal ada kegiatan rapat dengan kegiatan kerja lainnya nilai poinnya berbeda.

“Misal saya memimpin rapat berapa poin nilainya. Katakanlah misal nilai satu juta dalam memimpin rapat, terus mimpin apel nilainya 100 ribu, nanti dimasukkan dalam aplikasi itu. Jadi dalam aplikasi itu setiap kita bekerja buat laporan akan terkoneksi,” tuturnya.

Selain itu menurut Marjon, setiap masing-masing ASN ada pagu anggaran tersendiri dalam pembayaran TPP tersebut. Namun pagu yang ada tersebut tidak menjamin bahwa ASN tersebut bisa mendapatkan jumlah pembayaran 100 persen.

“Bahwa penilaian TPP itu selain dilihat kehadiran juga kinerja mereka. Jadi kalau kita tidak mengisi poin kinerja itu maka tidak dapat nilai TPP dari pagu misal yang sebesar Rp. 5 juta belum tentu dapat. Karena ada yang tidak diisi tadi karena poinnya akan dilihat. Maka giatlah bekerja untuk mendapatkan TPP tersebut,” bebernya.

Terpisah Ketua Komisi I DPRD Kota Bengkulu, Hj Mardiyanti mendukung penuh langkah pemkot dalam pembayaran sistem aplikasi TPP baru tersebut. Sebab TPP ini juga diberikan jika ASN rajin masuk kerja dan juga pencapaian daya kerjanya itu akan menjadi tolak ukur.

“Jadi melalui sistem aplikasi laporan itu tentu sangat fair. Sebab nantinya pembayaran TPP bisa berlaku adil. Termasuk juga akan terlihat mana ASN yang benar-benar bekerja secara maksimal,” jelasnya.(new)

Berita Lainnya

Status Pantai Panjang jadi Catatan BPK RI

BENGKULU- Status peralihan Hak Pengelolaan Lahan (HPL) serta aset kawasan wisata Pantai Panjang yang dilakukan ...

error: Content is protected !!