Rabu , 23 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Tahun 2020 Menteri PUPERA Basuki Janji Beli Karet Petani Bengkulu Utara

Tahun 2020 Menteri PUPERA Basuki Janji Beli Karet Petani Bengkulu Utara

ARGA MAKMUR– Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPERA) Dr. Ir. M Basuki Hadimuljono, M.Sc akan segera menghitung jumlah produksi karet di Bengkulu Utara  untuk dilakukan pembelian dengan BUMN yang mengerjakan aspal. Hal ini diungkapan  Basuki dalam kunjungannya ke Bengkulu Utara, Sabtu (16/3).  Saat ini Kementerian PUPERA melalui BUMN dibawahnya sudah melakukan pembelian karet petani di Provinsi Lampung, Jambi dan Sumatera Selatan. Diperkirakan tahun depan juga akan dilakukan pembelian karet di Provinsi Bengkulu terutama karet petani.

“Akan segera kita koordinasi dengan Pak Bupati terkait produksi karet dan jumlah karet petani yang memungkinkan untuk dibeli oleh Kementerian PUPERA,” katanya.

Karet tersebut akan digunakan untuk pembangunan jalan aspal. Dengan besarnya program pembangunan jalan tol dan aspal yang dilakukan pemerintah pusat, BUMN dibawah Kementerian PUPERA sangat membutuhkan banyak karet.

“Kita akan lakukan itu, minimal untuk menstabilkan harga karet tersebut. Sehingga masyarakat bisa menjual pada pemerintah jika memang harga rendah dari pabrik,” terangnya.

Sementara ini kementerian memang masih merambah karet di Sumatera yang memang harganya jauh turun. Hal ini dilakukan pemerintah pusat agar petani tidak merugi dengan anjloknya harga.  “Program jalan aspal dengan karet ini sudah dilakukan di negara-negara lain dan juga kita lakukan sesuai dengan besarnya potensi yang ada di Indonesia,” terangnya.

 Saat ini 37.232,25 Ha  lahan perkebunan karet di Bengkulu Utara dimiliki oleh masyarakat. Perkebunan tersebut menghasilkan 42,5 Juta ton karet per tahun atau 3,5 juta ton per tahun dan 118,2 ton perharinya. Ekonomi masyarakat menurun lantaran memang harga karet saat ini dibawah standar hanya Rp 6.000 per kilo. Ini bertolak belakang dengan harga kelapa sawit yang juga menjadi komuditas masyarakat Bengkulu Utara yang kini meranjak naik diatas harga Rp 1.000 per kilonya. (qia)

Berita Lainnya

Terima Kasih Nopian Andusti, Selamat Datang Hamka Sabri

BENGKULU– Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang diberikan Nopian Andusti selama ...

error: Content is protected !!