Senin , 17 Juni 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Tak Bisa Ambil Alih RSUD Jalur Dua

Tak Bisa Ambil Alih RSUD Jalur Dua

Hidayatullah Sjahid

KEPAHIANG – Pemkab Kepahiang tidak bias mengambil Alih hak kepengelolaan RSUD Jalur Dua dari tangan Kabupaten Rejang Lebong (RL). Walaupun rumah sakit ini berada di wilayah Kabupaten Kepahiang. Disebabkan RSUD Jalur Dua ini sudah berdiri sejak tahun 2001, atau sebelum dimekarkannya Kabupaten Kepahiang. Ini disampaikan oleh Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM.

“RSUD Jalur Dua itu sudah dibangun sebelum Kabupaten Kepahiang resmi memekarkan diri dari Kabupaten RL. Sekitar tahun 2001 lalu Pemkab RL meminjam dana melalui BLUD ADB untuk pembangunan RSUD tersebut. Sementara Kabupaten Kepahiang mekar tahun 2004, yang kemudian lokasi berdirinya RSUD tersebut masuk wilayah Kabupaten Kepahiang,” jelas Bupati.

Kendati saat ini wilayah lahan RSUD Jalur Dua tersebut milik Kabupaten Kepahiang, namun kepemilikan RSUD Kepahiang tetap milik Pemkab RL. “Kita tidak bisa ambil alih atau menutupnya, karena yang punya lahan awalnya Pemkab RL dan yang mengusulkan pembangunannya Pemkab RL. Kemudian saat pemekaran memang kebetulan masuk wilayah Kabupaten Kepahiang,” ujar Bupati.

Kemudian terkait batas wilayah atas lahan tersebut, Bupati mengatakan Pemkab Kepahiang tidak bisa dan tidak berhak menggeserkan batas wilayah, demikian juga dengan Pemkab RL. Pasalnya batas wilayah tersebut sudah diatur undang-undang.

“Semantara untuk Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan izin lingkungan harus diurus di Pemkab Kepahiang. Mereka sudah mengajukan seperangkat persyaratan untuk mengurus izin RSUD Jalur Dua itu ke Pemkab Kepahiang, demikian juga dengan amdalnya yang saat ini sedang dikerjakan,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, jika anggota DPRD Kepahiang mau menggunakan hak interpelasi atas persoalan ini, Pemkab Kepahiang mempersilakan. Yang jelas RSUD Jalur Dua sama-sama milik pemerintah. Diharapkan mampu memberikan asas manfaat untuk masyarakat di kedua kabupaten.

“Sekarang tinggal kita lihat lagi seperti apa kerjasamanya, masalah retribusi dan lain sebagainya, nanti akan kita bicarakan lagi nantinya. Yang jelas RSUD Jalur Dua tersebut sangat baik untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat sekitar yang lambat laun akan meningkat perekonomiannya,” demikian Bupati.(sly)

Berita Lainnya

Pasang Plakat Rumah Keluarga Miskin

KEPAHIANG – Guna mengantisipasi penyelewengan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Kepahiang, Dinas ...

error: Content is protected !!