Selasa , 26 Maret 2019
Home / Breaking News / YouthZ, Ini Kuota Negara Tujuan PPAN 2019 Provinsi Bengkulu

YouthZ, Ini Kuota Negara Tujuan PPAN 2019 Provinsi Bengkulu

APA kabar YouthZ, buat kamu yang lagi hectic untuk ikutan PPAN sudah sejauh mana nih persiapannya? Untuk mempersiapkan diri lebih matang kalian harus tau dulu detil program yang mau di ikuti biar makin ready ya. Ini nih selayang padang mengenai program tujuan yang ada untuk Bengkulu tahun Ini.

  1. SSEAYP (The Ship for Southeast Asian & Japanese Youth Program)

Nah buat kalian yang suka berlayar program ini recomended banget.Pasalnya kebanyakan waktu kalian akan di habiskan di atas kapal mewah bernama M.S. Nippon Maru.  SSEAYP sendiri  adalah program kepemudaan yang disponsori oleh Pemerintah Jepang dan diikuti oleh pemuda-pemudi dari sepuluh negara Asia Tenggara dan juga Jepang. Program yang bertujuan untuk mempererat pertemanan dan mutual understanding ini, telah berjalan selama 45 kali sejak tahun 1974. Saking kece-nya program ini, SSEAYP dianggap sebagai suatu perjalanan menakjubkan bagi para alumninya. Bagaimana tidak YouthZ, para delegasi mengarungi samudera bersama-sama selama 52 hari, bertandang ke lima negara dan menjadi tamu pemerintahan. Dalam program ini akan ada banyak sekali kegiatan yang di lakukan delegasi beberapa diantaranya adalah memberikan penampilan budaya, tinggal beberapa hari di rumah penduduk di negara yang di singgahi. Serta tak kalah keren akan ada diskusi antar pemuda yang di lakukan oleh seluruh peseta dari SSEAYP di dalam kapal pesiar M.S. Nippon Maru.Untuk tahun ini Bengkulu membutuhkan seorang perempuan berbakat yang nantinya akan menjadi bagian dari SSEAYP, buruan persiapkan diri kamu ya.

  1. SIYLEP (Singapore Indonesia Youth Leadership Exchange Program)

Nah YouthZ, kalau yang satu ini adalah program fresh yang di selenggarakan KEMENPORA, SILYEP sendiri baru pertama di adakan pada tahun 2017. Pertukaran pemuda ini digagas setelah adanya nota kesepahaman yang ditandangani oleh Menteri Kebudayaan, Komunitas dan Pemuda Singapura, Lawrence Wong dan Menteri Pemuda dan Pemuda Olahraga Indonesia, Imam Nahrawi di Singapura pada bulan Juli 2015 lalu. SIYLEP adalah aksi nyata mempererat hubungan kedua belah pihak. SIYLEP diprakarsai oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia bersama dengan NYC (National Youth Council) Singapura. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pemuda untuk mengembangkan diri dan bertukar pikiran serta pengalaman. SIYLEP tahun 2017 bertemakan Innovation and Enterprise dimana para delegasi dituntut untuk banyak belajar dan berdiskusi mengenai perkembangan teknologi, inovasi, bisnis kewirausahaan dan start-up demi membangun bangsa. Program ini dilaksanakan dalam dua fase, yaitu Singapura dan Indonesia masing-masing selama seminggu. Tahun ini Bengkulu mendapatkan kuota untuk putra terbaiknya yang mampu menginovasi dan berpikir kreatif. Apakah itu kamu?

  1. AIYEP(Australia-Indonesia Youth Exchange Program)

Australia, negara yang kece abis, siapa sih yang gak mau kesana? Kamu bisa langsung daftarkan diri melalui PPAN jika ingin terbang ke negara ini. AIYEP(Australia-Indonesia Youth Exchange Program ) merupakan program pertukaran yang diselenggarakan atas kesepakatan Pemerintah Indonesia dan Australia. Program yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 1981 ini bertujuan untuk menyediakan kesempatan yang lebih luas kepada anak muda dari kedua negara untuk lebih mencintai kebudayaan,mengembangkan pembangunan di berbagai aspek, juga saling memahami cara hidup kedua negara. AIYEP adalah suatu program yang bertujuan meningkatkan Pemahaman Lintas Budaya Melalui Hubungan dari Masyarakat ke Masyarakat lewat para agen perubahan yakni pemuda. Peserta AIYEP merupakan Pemuda Indonesia dan Australia berusia 21 – 25 tahun yang terdiri dari 9 Pria dan 9 Wanita. Peserta Indonesia mengunjungi Australia selama 2 bulan. Satu bulan diselenggarakan di bagian perkotaan, dan bulan selanjutnya diselenggarakan di daerah pedesaan. Setelah fase desa, Peserta Indonesia akan bertemu dengan Peserta Australia. Kegiatan yang diselenggarakan di Indonesia memiliki struktur yang sama dengan kegiatan program di Australia. Kegiatan utama dari program AIYEP ini adalah penampilan budaya, kerja magang di berbagai institusi, serta tinggal di rumah masyarakat bersama keluarga angkat dan pengembangan masyarakat. Nah untuk kamu putri Bengkulu yang tertarik dengan program ini segera daftarkan dan persiapkan diri kamu. Good Luck (bsb)

Berita Lainnya

Mutasi Perdana Hemi-Dedy, 35 Pejabat Eselon Digeser

BENGKULU – Sebanyak 35 pejabat eselon II, eselon III dan eselon IV di lingkungan Pemerintah ...

error: Content is protected !!