Senin , 18 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / 2020 Dana Desa Naik Lagi, BUMdes Diminta Prioritaskan

2020 Dana Desa Naik Lagi, BUMdes Diminta Prioritaskan

ARGA MAKMUR – Tahun ini Kabupaten Bengkulu Utara kebagian kenaikan Dana Desa  Rp 18 Miliar dibandingkan 2018 lalu. Kenaikan ini berdampak pada kenaikan Dana Desa 20 persen di 2015 desa penerima Dana Desa di Bengkulu Utara tahun ini.  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes, PDTT) Eko Putro Sandjojo menuturkan dalam APBN 2020 medatang akan akan disampaikan 17 Agustus mendatang Pemerintah akan kembali menaikan Dana Desa.

“Pak Presiden konsisten membangun dari pinggiran, desa. Karena itu Dana Desa akan dinaikan lagi tahun depan. Karena pembangunan melalui Dana Desa yang selama ini dilaksanakan dinilai sangat berhasil membangun desa,” terangnya.

Ia juga melihat 2015 desa di Kabupaten Bengkulu Utara memiliki potensi yang berbeda-beda. Hal ini bisa dikembangkan melalui Badan Usaha MIlik Desa (BUMDes). Ia berharap dengan adanya Dana Desa kepala desa dan perangkat desa juga bisa mengembangkan BUMDes.  Saya yakin, tugas pembangunan fisik di desa terus berkurang setiap tahun. Sehingga sudah saatnya membangun BUMdes,” terangnya.

Dengan potensi wisata yang dimiliki Bengkulu Utara,  bila dikembangkan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Asal saja pemerintah desa memang benar-benar berniat menjadi desa mandiri yang bisa membangun dari pendapatannya sendiri. “Saya yakin, dimasa kepemimpinan Pak Bupati Ir. H Mian Pemkab sangat mendukung ide pengembangan desa. Karena ini sudah menjadi program Pak Presiden Joko Widodo,” pungkas Eko. (qia)  

Berita Lainnya

Cabuli Dua Pelajar SD, Seorang Pemuda Diamankan Polres

BENGKULU – Satreskrim Polres Bengkulu mengamankan seorang laki-laki  sebut saja Bejat, lantaran diduga melakukan pencabulan  ...

error: Content is protected !!