Selasa , 26 Maret 2019
Home / Metropolis / Dewan Sorot Kepastian Dana Pinjaman SMI

Dewan Sorot Kepastian Dana Pinjaman SMI

BENGKULU – Kepastian soal diterimanya usulan pinjaman daerah Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu kepada PT. Sarana Multi Infrastuktur (PT. SMI), hingga Sabtu (16/3) belum kunjung ada kejelasan dan kelanjutan lagi dari pihak kementerian maupun PT SMI sendiri. Bahkan hal ini menjadi tanda tanya kalangan DPRD kota.

Lantaran sisa tutup anggaran kurang lebih tinggal delapan bulan lagi. “Sebentar lagi ini sudah mau masuk bulan April. Artinya kepastian pinjaman SMI itu patut dipertanyakan kejelasannya seperti apa. Karena pinjaman dana SMI itupun sudah tercantum dalam APBD kota. Jika memang gagal usulan pinjam sebaiknya cepat pemkot sampaikan ke DPRD kota. Jangan ada yang ditutup-tutupi,” terang Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota M. Awaludin kemarin.

Dijelaskan Awaludin, sejak awal perencanaan usulan pinjaman daerah ke PT SMI tersebut terkesan tidak matang. Sebab usulan pinjaman tersebut baru disampaikan Pemkot setelah KUA-PPAS Rancangan APBD kota disepakati.

“Usulannya waktu itu baru masuk ketika saat bahas rancangan APBD. Seharusnya usulan pinjaman itu masuk dari sejak awal KUA PPAS itu. Makanya kita lihat perencanaan usulan pinjaman itu tidak matang. Dan fraksi PKS waktu itu menolak juga karena ada beberapa alasan. Salah satunya mengenai soal pengembalian pinjaman yang berbunga tersebut,” beber Awaludin.

Apalagi menurut Awaludin, pihaknya juga sudah mempelajari secara detail bahwa terkait pinjaman peruntukkannya memang banyak untuk pembangunan infrastuktur. Namun sebenarnya untuk membangun infrastuktur itu pemkot bisa lakukan dengan cara lobi ke Kementerian pusat.

“Sebab disana itu banyak anggaran pembangunan di Kementerian untuk daerah. Jadi pinjaman itu sebenarnya belum terlalu urgent. Karena pinjaman SMI juga berat dalam pembayaran suku bunganya itu,” paparnya.

Selain itu lanjut Awaludin, sebaiknya pemkot juga segera melakukan pembahasan lagi bersama DPRD kota terkait soal kepastian pinjaman tersebut. Mengingat sisa waktu anggaran saat ini tinggal delapan bulan lagi “Selain itu waktunya juga saat ini sangat mepet sekali, tutup anggaran tinggal 8 bulan lagi. Jadi bagaimana nanti mau mengerjakan proyek itu. Sementara waktunya saja terbatas. Maka dari itu sebaiknya hal ini kembali dibahas lebih dalam lagi,” tutupnya.

Secara terpisah Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Drs. Riduan, MSi mengatakan, bahwa sampai saat ini pihaknya masih menunggu kelanjutan dari pihak kementerian bersama SMI sendiri. “Kalau untuk survei dan pencek dilapangan sudah dilakukan. Dan saat ini kita tinggal menunggu kepastian jawaban dari pihak kementerian. Ya mudah-mudahan dalam waktu dekat ini ada kabar baiknya. Sebab saat tim SMI turun waktu itu responnya baik, dan kita optimis dapat (pinjaman daerah),” jelas Riduan.(new)

 

Berita Lainnya

Mutasi Perdana Hemi-Dedy, 35 Pejabat Eselon Digeser

BENGKULU – Sebanyak 35 pejabat eselon II, eselon III dan eselon IV di lingkungan Pemerintah ...

error: Content is protected !!