Kamis , 21 November 2019
Home / Pemilu / KPU Temukan Surat Suara Robek di Bengkulu Utara

KPU Temukan Surat Suara Robek di Bengkulu Utara

SURAT SUARA : Proses pemeriksaan dan pelipatan surat suara di KPU Bengkulu Utara. (foto : shandy/rb)

ARGA MAKMUR – KPU Bengkulu Utara masih melakukan pelipatan dan pemeriksaan surat suara di gudang KPU setempat. Hingga Sabtu (16/3)   pelipatan surat suara sudah melibatkan sedikitnya 100 orang relawan.  KPU kembali menemukan surat suara yang rusak baik itu warna cat yang kabur pada foto dan tulisan nama. Selain itu juga ditemukan surat suara yang robek terutama dibagian pinggir surat suara yang panjang robekannya bervariasi. Saat ini didapati sekitar 28 surat suara yang rusak dengan berbagai macam kerusakannya yang terpaksa disisihkan oleh KPU.

Ketua KPU Bengkulu Utara Roges Mawansyah, SE, ME menuturkan jika surat suara tersebut kini masih disisihkan oleh KPU. Nantinya akan ada tim teknis dari KPU Provinsi yang memastikan apakah surat suara tersebut masuk kategori rusak atau tidak. “Kalau yang robek jelas itu rusak, namun ada beberapa yang warna tinta yang kabur. Itu akan kita tunggu tim teknis utnuk melihatnya apakah memang masuk dalam kategori rusak atau tidak,” terangnya.

Jika nantinya dinyatakan rusak, maka KPU akan mengajukan pergantian surat suara pada KPU Provinsi yang akan berkoordinasi dengan KPU RI dan percetakan. Hingga kini KPU masih melakukan pemeriksaan dan pengecekan yang diperkirakan berlangsung hingga Senin (18/3).  “Dua hari ini kita terus melakukan  pelipatan. Masyarakat yang melakukan pelipatan juga langsung berkoordinasi jika ditemukan surat suara yang ganjir untuk memastikan apakah itu rusak atau tidak,” ujar Roges.

Sebanyak 1.076.586 lembar surat suara yang diterima KPU Bengkulu Utara yang merupakan surat suara Pilleg DPRD, DPRD Provinsi, DPR RI, DBD dan Pilpres. Tiap lembar masyarakat yang melipat surat suara dibayar Rp 90  oleh KPU. (qia)

Berita Lainnya

Rohidin Incar Partai Kebangkitan Bangsa, Golkar Siap Koalisi

BENGKULU – Setelah dibuka secara resmi pendaftaran bakal cagub dan cawagub di DPW Partai Kebangkitan ...