Sabtu , 25 Mei 2019
Home / Daerah / Seluma / Lipat Surat Suara Batal Lantaran Balai Adat Adat Serasan Seijoan Ampar Gading Belum Dibersihkan

Lipat Surat Suara Batal Lantaran Balai Adat Adat Serasan Seijoan Ampar Gading Belum Dibersihkan

PULANG: Sebanyak 240 warga yang rencananya akan melipat surat suara, terpaksa pulang, karena lantai gedung Balai Adat Serasan Seijian, kotor dan masih harus dibersihkan. (foto : yayan/rb)

SELUMA– Pelipatan surat suara pemilu 2019 sebanyak 48 boks yang dijadwalkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma, Sabtu (16/3) batal. Ini karena lantai gedung Balai Adat Serasan Seijoan Ampar Gading di Kelurahan Lubuk Lintang yang rencananya akan digunakan kotor dan belum dibersihkan.

“Ya, terpaksa kita tunda dulu. Hari ini kita fokus untuk membersihkan lantai Balai Adat tersebut,” kata Ketua KPU Seluma, Sarjan Efendi, SE.
Dijelaskan Sarjan, dirinya menunda pelipatan surat suara karena dirinya tidak mau mengambil resiko rusaknya surat suara tersebut.  “Karena lantainya kotor, besar kemungkinan surat suara tersebut rusak atau berubah warna terkena debu dan kotoran yang menempel di lantai tersebut,” ucap Sarjan.
Warga yang akan melakukan pelipatan sebanyak 240 orang yang telah berkumpul di Balai Adat, terpaksa dipulangkan oleh KPU Seluma. Anggota Sekretariat KPU Seluma, langsung membersihkan lantai dengan cara mengepel lantai tersebut untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di lantai tersebut.
“Hari ini (kemarin,red) kita khusus membersihkan gedung Balai adat ini. Jika telah selesai, besok (hari ini,red) baru pelipatan surat suara akan kita mulai,” sampai Sarjan.
Untuk diketahui,  Jum’at (15/3) dinihari pukul 00.30 WIB, 1.067 boks surat suara tiba di Sekretariat KPU Seluma. Boks yang berisikan surat suara Capres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Seluma berjumlah 707.236 lembar surat suara. Surat suara tersebut, rencananya akan dilakukan pelipatan, namun karena lantai gedung Balai Adat Serasan Seijoan Ampar Gading kotor, pelipatan pun dibatalkan. Adapun tahapan pelipatan surat suara yang telah dijadwalkan oleh KPU Seluma sebelumnya yakni untuk pelipatan  surat suara presiden dan wakil presiden pelipatan mulai 16-17 Maret. Lalu untuk DPR RI 18- 19 Maret dan DPD 20-21 Maret. Sementara untuk surat suara DPRD Provinsi dilakukan pelipatan pada 22-23 Maret, selanjutnya surat suara DPRD Kabupaten Dapil 1, 24 Maret dan surat suara DPRD Kabupaten Seluma Dapil 2, 25 Maret, DPRD Kabupaten Dapil 3 tanggal 26 Maret serta DPRD Kabupaten Dapil 4, 27 Maret. (aba)

Berita Lainnya

ASN “Panen Duit”, Honorer Gigit Jari

SELUMA – Saat ASN “berpestapora” karena mendekati Idul Fitri 1440 Hijriyah menerima gaji tiga bulan ...

error: Content is protected !!