Rabu , 20 November 2019
Home / Feature / Menarik Simpati Pecinta Hewan Peliharaan, Cukup Bayar Rp 5.000, Foto Sepuasnya

Menarik Simpati Pecinta Hewan Peliharaan, Cukup Bayar Rp 5.000, Foto Sepuasnya

PAJANG: Komunitas CLBK yang membuka stan di kawasan wisata Kampung Cina Sabtu (16/3), sedang sibuk melayani pengunjung yang ingin berfoto dengan kucing peliharaan milik anggota CLBK. (foto : yuddy/rb)

Ada hal menarik dilakukan oleh Cat Lover Bengkulu Komunitas (CLBK). Demi menunjukkan kepedulian mereka terhadap keberadaan kucing liar di jalanan, komunitas ini rela mencari simpati dari pecinta hewan, agar mau menyisihkan sedikit uang.

M.RIZKI WAHYUDI, Kota Bengkulu

KAWASAN wisata Kampung Cina, kemarin (16/3) sedang ramai tak seperti biasanya. Rupanya, saat itu sedang digelar kegiatan Festival Bengkulu Kota Pusaka. Masih dalam rangka peringatan HUT Kota Bengkulu yang ke300 tahun. Sekitar 80 stan ada di sepanjang Jalan Kampung Cina tersebut.

Ada yang jualan kuliner, promo sepeda motor, dan ada juga panggung utamanya tempat diselenggarakannya berbagai lomba. Dari sekian banyak stan, ada stan yang terlihat cukup menarik. Bahkan, pengunjung lebih banyak mengerumuni stan tersebut ketimbang stan lainnya. Rupanya, stan ini adalah tempat CLBK memamerkan sekitar 10 ekor kucing peliharaan.

Jenis kucingnya pun bervariasi. Mulai dari kucing dari Indonesia sampai jenis kucing luar negeri. Warnanya pun bermacam-macam, ekornya juga ada yang panjang dan pendek. Kucing-kucing imut dijejerkan di dalam kandang besi bewarna-warni. Tidak hanya melihat, pengunjung yang mendekat juga bisa berfoto lebih dekat dengan kucing yang sangat bersih bulunya itu.

Tak perlu mahal-mahal. Cukup merogoh kocek Rp 5.000, dan masukkan ke kotak amal yang sudah disediakan, lalu pengunjung tinggal memilih seekor kucing yang disukainya, lalu bisa berfoto sepuasnya sampai bosan.

Menariknya, uang hasil kegiatan tersebut tidak masuk ke `kantong pribadi tetapi masuk ke kas komunitas. Nantinya, uang hasil kegiatan tersebut akan digunakan untuk kegiatan sosial yang rutin dilaksanakan oleh komunitas. Salah satunya, membantu dan merawat kucing kucing terlantar. Bahkan, sejak berdiri dari tahun 2017 lalu, komunitas CLBK diperkirakan sudah merawat sekitar seribuan kucing liar di jalanan.

Selain diberi makan dan dirawat, kucing liar tersebut juga diberi vaksin. Ketua CLBK, Riani Puspita  mengatakan, komunitasnya sudah sering memberikan vaksin rabies gratis terhadap hewan bekerja sama dengan dinas instansi terkait. Baru-baru ini sekitar 180 hewan yang terdiri dari kucing, anjing dan kera sudah diberi vaksin rabies.

“Untuk  masyarakat yang tidak tergabung dalam komunitas juga bisa berkonsultasi masalah kucing. Konsultasi tersebut bisa terkait masalah kesehatan maupun bagaimana perawatan kucing yang baik,” katanya. (**)

Berita Lainnya

Lukman, Mantan Guru Honor yang Jadi Pengamen Ternyata Jago Bahasa Inggris

BENGKULU – Pekerjaan boleh  pengamen,tapi anda tidak bisa anggap remeh pengamen yang satu ini. Adalah ...

error: Content is protected !!