Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Berita utama / Pansel Telusuri Rekam Jejak Calon Eselon II

Pansel Telusuri Rekam Jejak Calon Eselon II

BENGKULU – Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu tidak hanya menyeleksi calon pejabat secara administrasi dan penulisan makalah. Pansel juga melihat rekam jejak para PNS yang ikut seleksi terbuka jabatan eselon II ini.

Ketua Pansel JPTP Pemprov Bengkulu, Hamka Sabri mengatakan sembari melakukan penelitian terhadap hasil penulisan makalah, pansel juga menunggu masukan dan tanggapan dari masyarakat terkait nama-nama yang sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi. Hal ini untuk memastikan bahwa calon pejabat ini nantinya adalah pejabat yang bertanggungjawab terhadap tugasnya, memiliki integritas dan moralitas.

“Kita masih menunggu informasi, masukan dan tanggapan dari masyarakat terhadap nama-nama peserta seleksi,” ujar Asisten 1 Setdaprov Bengkulu ini.

Sementara untuk hasil seleksi penulisan makalah, tambah Hamka, baru akan diumumkan hari ini (17/3) setelah dilakukan penilaian dan diplenokan oleh pansel. Dari 119 peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan mengikuti seleksi penulisan makalah, 4 diantaranya sudah dipastikan gugur karena tidak hadir. Namun 115 peserta penulisan makalah yang ikut seleksi juga belum tentu seluruhnya dinyatakan lulus.

“Ada kriterianya, tergantung dengan penilaian masing-masing tim kemudian diakumulasi. Bagi peserta yang dinyatakan lulus, berhak ikut tahapan selanjutnya, asesmen,” jelas Hamka.

Lanjutnya, tahapan seleksi kompetensi/asesmen dijadwalkan 18-21 Maret dengan melibatkan Universitas Bengkulu (Unib) sebagai tim asesmen. Pelaksanaan seleksi kompetensi sepenuhnya diserahkan kepada tim asesmen. Setelah tahapan asesmen, ada wawancara akhir oleh pansel. “Pansel tidak ikut campur dalam pelaksanaan asesmen, hanya menunggu hasil dari tim asesmen,” bebernya.

Sekda Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti menambahkan semua pihak bisa ikut melakukan pengawasan terhadap tahapan seleksi terbuka JPTP di jajaran Pemprov Bengkulu. Bahkan bisa memberikan masukan atau tanggapan kepada pansel terkait rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas para peserta seleksi. Supaya nantinya diperoleh pejabat yang benar-benar layak dan berkompeten tidak hanya dari sisi kemampuan manajerial saja, tetapi juga memiliki integritas dan moralitas.

“Masyarakat diberikan kesempatan untuk memberikan informasi-informasi terkait peserta seleksi. Laporkan saja kalau ada yang suka selingkuh atau misalnya, isterinya lebih dari 10,” ungkapnya.(key)

Berita Lainnya

Pelantikan Dewan Baru Kepahiang Diwarnai Insiden Mati Lampu

KEPAHIANG – Rapat Paripurna Istimewa Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang Periode 2019-2024 digelar Sabtu (23/8) ...

error: Content is protected !!