Selasa , 26 Maret 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Pelipatan Surat Suara dimulai Hari Ini

Pelipatan Surat Suara dimulai Hari Ini

PERSIAPAN : Ribuan surat suara di Kabupaten Bengkulu Selatan yang disiapkan untuk dilipat hari ini, Minggu (17/3). (foto : rio/rb)

KOTA MANNA – Setelah seluruh surat suara Pilpres dan Pileg tiba di Kabupaten Bengkulu Selatan dua hari yang lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini Minggu (17/3) mulai melakukan pelipatan surat suara yang terbagi dua lokasi di Gudang Logistik dan kantor KPU.

Ketua KPU Bengkulu Selatan Alpin Samsen, S.Pt mengatakan, setelah seluruh surat suara tiba di gudang logistik hari Kamis (15/3) KPU segera melakukan pelipatan yang terbagi dua tempat lantaran banyaknya jumlah surat suara. Adapun jumlah surat suara yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan yaitu, surat suara Pilpres 1188,093, DPD 118 093, DPR RI 118,93, DPRD Provinsi 119,093, DPRD Kabupaten 121,094. Diungkapkan Ketua KPU Kabupaten BS terbagi tiga dapil, dapil 44,829 dapil II 32,494 dan dapil III 43,771. “Untuk surat suara DPRD Provinsi dan kabupaten ditambah 2 persen dan cadangan 1 ribu lembar untuk pemungutan suara ulang,” ujar Alpin.

Sementara itu, Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Aprian Toni mengungkapkan untuk mempercepat pelipatan surat suara yang mencapai ribuan tersebut KPU akan dibantu masyarakat sekitar KPU dan gudang logistik. “Itu kan jumlahnya ribuan, maksimallah paling lama waktu pelipat itu satu minggu dibantu sekitar 100 orang masyarakat,” ungkap Toni.

Ditambahkannya, ketika ada surat suara yang rusak ataupun salah poto caleg di kertas suara maka pihak KPU akan langsung laporan pada KPU Provinsi dan dilanjutkan ke pusat untuk diganti. “Hari itu juga langsung dilaporakan apabila menemukan berberapa surat suara yang mengalami kecacatan,” bebernya. (tek)

Berita Lainnya

Perpusda Bengkulu Selatan Tambah Sarana

KOTA MANNA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Perpusda) Bengkulu Selatan  saat ini semakin banyak ...

error: Content is protected !!