Selasa , 26 Maret 2019
Home / Metropolis / Pemkot Masuk 16 Besar Perencanaan Terbaik

Pemkot Masuk 16 Besar Perencanaan Terbaik

BENGKULU – Sebagai warga Kota Bengkulu patut bangga. Pasalnya Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu berhasil masuk 16 besar se-Indonesia nominasi penilaian terhadap pencapaian dan dokumen perencanaan kabupaten/kota 2019.

Bahkan dari prestasi ini Pemkot masuk penilaian tahap selanjutnya menuju tiga besar untuk mendapatkan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) yang dilakukan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Dari ratusan kota yang ada di Indonesia, kita berhasil masuk 16 besar yang akan ikut ke tahap selanjutnya lagi menuju tiga besar terbaik dalam penilaian yang dilakukan oleh Bappenas ini,” terang Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Bengkulu, Drs. Riduan, MSi.

Diungkapkan Riduan, prestasi yang diperoleh Pemkot ini baru pertama kali dan menjadi pemacu semangat untuk lebih baik ke depannya. Sebab dalam penilaian yang dilakukan oleh tim Bappenas tersebut secara independen dan professional.

“Ini bagi kita tidak sekedar seremoni belaka. Karena yang kita kerjakan selama ini menjadi semangat kita untuk bekerja lebih maksimal lagi. Apalagi hasil yang diperoleh ini baru pertama kali diraih. Ya mudah-mudahan kita bisa masuk dalam  tiga besar terbaik yang diumumkan akhir bulan ini,” bebernya.

Indikator penilaian terhadap pencapaian dan dokumen perencanaan kabupaten/kota 2019 tersebut, dijelaskan Riduan, meliputi perencanaan soal pertumbuhan ekonomi tersedianya penjelasan strategi dan arah kebijakan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) terkait visi dan misi daerah, strategi dan arah kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Lalu tersedianya penjelasan keterkaitan antara sasaran dan prioritas pembangunan daerah RKPD dengan sasaran prioritas nasional.

“Serta juga terwujudnya konsistensi antara hasil evaluasi pelaksanaan RKPD dengan permasalahan/isu strategis, konsistensi antara prioritas pembangunan daerah dengan permasalahan/isu strategis, konsistensi antara prioritas pembangunan daerah dengan program prioritas, dan konsistensi antara prioritas pembangunan,” paparnya.(new)

Berita Lainnya

Mutasi Perdana Hemi-Dedy, 35 Pejabat Eselon Digeser

BENGKULU – Sebanyak 35 pejabat eselon II, eselon III dan eselon IV di lingkungan Pemerintah ...

error: Content is protected !!