Minggu , 26 Mei 2019
Home / Daerah / Kaur / Tidak Ikut USBN, 28 Siswa SMA/MA Terancam Tidak Lulus

Tidak Ikut USBN, 28 Siswa SMA/MA Terancam Tidak Lulus

UJIAN : Tampak siswa SMAN 3 Kaur saat USBN di sekolahnya dengan serius. (foto : albertus/rb)

KOTA BINTUHAN – Hingga Rabu (20/3),  siswa tingkat SMA dan MA se Kabupaten Kaur  mulai mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN.  Hari pertama pelaksanaan ada 28 siswa yang tidak hadir. Ini menyebabkan siswa tersebut terancam tidak akan lulus.  Namun tidak berlaku untuk 11 orang  siswa yang saat ini sedang mengikuti  seleksi beasiswa bintang jemput bintang (BJB) di Bandung. Siswa tersebut dipastikan akan mengikuti  USBN susulan. Sedangkan isanya 8 drof out (DO) dan 9 orang lainnya sakit.

“Untuk siswa yang sakit dan ikut BJB dapat mengikuti USBN susulan, apa lagi mereka sedang ikut tes beasiswa sebelumnya. Namun untuk yang DO dan memang sudah lama tidak masuk sekolah lagi,” kata Sekretaris MKKS SMA/MA Kaur Haryanto.

Dikatakan Haryanto, USBN wajib diikuti oleh semua siswa yang kelas tiga SMA/MA dan SMK karena akan menjadi syarat penentu kelulusan siswa. Setelah USBN siswa tingkat SMA akan bersiap untuk menghadapi Ujian Nasional pada bulan April 2019 yang akan datang.

“Kita pastikan siswa yang memang sakit, untuk dapat ikut ujian susulan sesuai dengan mata pelajaran yang tinggal. Kita juga himbau siswa usai USBN menyiapkan diri untuk hadapi Unas baik dengan banyak belajar dan juga kesiapan fisik jangan sampai nantinya sakit,” pungkas Haryanto.

Diketahui jumlah sekolah tingkat SMA dan MA yang mengikuti USBN sebanyak 15 sekolah yang terdiri dari 11 SMA Negeri satu SMA Swasta dan untuk MA hanya dua, yakni  MAN dan MAS Nasal. Dengan jumlah peserta USBN yang terdaftar sebanyak 1.100 siswa. Dari 1.100 peserta yang terdaftar USBN tahun 2019 kali ini. (cik)

Berita Lainnya

Kejar Perbaikan Jalinbar

KOTA BINTUHAN – Pemerintah terus mengejar perbaikan jalan lintas barat (Jalinbar) Sumatera menyambut lebaran tahun ...

error: Content is protected !!