Jumat , 19 April 2019
Home / Daerah / Mukomuko / BPN Mentargetkan 1.700 Sertifikat

BPN Mentargetkan 1.700 Sertifikat

MUKOMUKO – Kantor Pertanahan (Kantah) Mukomuko kembali Giatkan Program Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Untuk tahun 2019, Kabupaten Mukomuko mendapatkan kuota 1.700 bidang tanah. Semuanya akan diselesikan tahun ini juga sehingga terbit sertifikat tanah.

Dikatakan Kasi Hubungan Hukum Pertanahan Kantah Mukomuko, M. Yunus, hanya dua desa atau kelurahan yang jadi sasaran PTSL tahun ini. Yakni wilayah Kelurahan Bandar Ratu dan Desa Tanah Rekah Kecamatan Kota Mukomuko.

“Ini akan kita selesaikan dulu, walaupun sementara ini hanya pada dua desa. Tak menutup kemungkinan bertambah sebelum akhir tahun,” jelas Yunus.

Dijelaskannya, PTSL merupakan salah satu program pemerintah pusat dalam upaya membantu masyarakat. Terutama yang ekonominya rendah untuk bisa memiliki sertifikat.

Karena, menurut hasil yang diperoleh, masyarakat yang belum memiliki sertifikat tanah terbentur dengan biaya pengurusan yang terbilang cukup mahal. Makanya PTSL ini ditujukan untuk masyarakat Kabupaten Mukomuko yang tanahnya belum bersertifikat. “Nanti mana masyarakat yang sudah melengkapi syaratnya akan lebih cepat juga kita proses,” katanya.

Perlu diketahui dua desa tersebut, kuota 1.700 persil itu tidak terpenuhi. Jadi Akan dialihkan ke desa lain, terutama desa-desa yang belum pernah mendapatkan PTSL.

“Kita akan cari penambahan untuk desa yang lain. Bisa jadi Kelurahan Pasar Mukomuko. Karena dari info yang kami dapat, untuk kesiapan syaratnya sudah terpenuhi dari tahun lalu,” papar Yunus.

Sekalipun program tersebut dimaksudkan untuk permudah masyarakat dalam mengurus penerbitan sertifikat. Bukan berarti tidak dikenakan biaya. Setiap masyarakat akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 200 ribu. Hal itu sesuai dengan kesepakatan 3 menteri. “Sudah ada kesepakatan itu harus kita laksanakan,” jelasnya.(hue)

 

Berita Lainnya

Renovasi Ruang Paripurna Habiskan Rp 1.8 Miliar

MUKOMUKO –Gagal terwujud tahun 2018, akhirnya kegiatan renovasi interior ruang rapat paripurna DPRD Mukomuko, kembali ...

error: Content is protected !!