Senin , 9 Desember 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Pencairan Dana Desa Diverifikasi

Pencairan Dana Desa Diverifikasi

KEPAHIANG – Kendati sudah hampir seluruh desa di Kabupaten Kepahiang telah mengusulkan untuk pencairan Dana Desa (DD) Tahun 2019, namun pencairan belum bisa langsung dicairkan dalam waktu dekat. Pasalnya hingga saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang melalui pihak kecamatan, masih melakukan verifikasi berkas usulan pencairan dari desa.

Diungkapkan Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kepahiang, Jan Johanes Dalos, S.Sos melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Pemerintahan Desa Kelurahan (PPDK), Zainubi, SE bahwa saat ini usulan pencairan DD dari 105 desa yang ada di Kabupaten Kepahiang, masih dalam tahapan verifikasi oleh 8 kecamatan yang ada.

“Sampai saat ini usulannya masih di kecamatan, dan belum sampai kepada kita. Sebenarnya tidak ada kendala, hanya tinggal verifikasi berkas saja. Nantinya kalau semuanya sudah dinyatakan lengkap, DD yang saat ini sudah berada di rekening daerah sudah bisa disalurkan ke rekening desa,” ungkap Zainubi, Rabu (20/3).

Dijelaskannya, kendati belakangan ada beberapa desa yang pernah bermasalah dengan hukum terkait penggunaan DD, namun tetap bisa mencairkan DD tahun ini. Namun setelah Inspektorat Daerah (Ipda) melakukan audit terkait laporan keuangan atas penggunaan DD tahun sebelumnya.

“Hasil audit Inspektorat terhadap laporan realisasi anggaran nantinya akan menjadi acuan kita dalam pelaksanaan pencairan DD tahun ini. Sejauh ini hasil laporan realisasi anggaran desa yang menerima DD tahun lalu, semuanya rampung 100 persen,” jelas Zainubi.

Ia juga memastikan untuk desa-desa yang sebelumnya mengalami kasus hukum seperti Desa Limbur Lama dan Desa Air Jernih, kasus hukum yang dialami Kades tidak menjadi acuan Dinsos PMD dalam melakukan evalusi. Sebab dasar yang dinilai tetap LRA masing-masing desa. “Kalau kerugian negara ada TGR, dan mereka melakukan pengembalian atas kerugian tersebut,” pungkas Zainubi. (sly)

Berita Lainnya

Seluruh OPD Belum Sampaikan Rencana Umum Pengadaan

KEPAHIANG – Sudah hampir 3 pekan pengesahan APBD 2020 diketok palu, dan saat ini sedang ...

error: Content is protected !!