Senin , 22 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Petani Belum Tertarik Asuransi Tanaman Padi

Petani Belum Tertarik Asuransi Tanaman Padi

ARGA MAKMUR – Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (TPHP) BU mengumpulkan seluruh penyuluh pertanian di Bengkulu Utara, Rabu  (20/3). Kegiatan ini dengan tujuan sebagai salah satu program untuk peningkatan produksi padi dan ternak sapi yang di Bengkulu Utara.

Dari pertemuan tersebut, terungkap Bengkulu Utara belum memenuhi target asuransi persawahan yang ditetapkan 1.000 hektare sawah. Bahkan hingga kini belum ada satu hektare pun sawah petani yang memiliki asuransi. Kepala Dinas TPHP Bengkulu Utara, Kuasa Barus, SP meminta penyuluh pertanian mensosialisasikan program asuransi tersebut. Terutama sawah-sawah yang memang rutin terkena bencana banjir tahunan seperti di sebagian Kecamatan Air Besi.

“Cukup membayar Rp 36 ribu per bulan untuk tiap hektare sawah. Kita mendapatkan target 1.000 hektar, namun sampai saat ini sudah setahun dan belum ada satu hektare pun,” kata Barus.

Di Bengkulu Utara setiap bulan dipastikan ada lebih dari 100 hektar sawah petani yang rusak karena banjir. Bahkan sawah yang terkena banjir dan rusak adalah sawah yang sama setiap tahunnya. Itu belum termasuk sawah yang rusak karena serangan hama. “Jadi seharusnya petani bisa terbantu dengan asuransi, karena jika terjadi kerusakan ada kompensasi lebih dari Rp 30 juta per hektarenya,” beber Barus.(qia)

Berita Lainnya

DD Harus Cair Sebelum Ramadan

ARGA MAKMUR – Sekda Bengkulu Utara (BU), Dr. Haryadi, MM, M.Si meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat ...

error: Content is protected !!