Minggu , 21 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / 1.000 Stiker KSM Segera Ditempel

1.000 Stiker KSM Segera Ditempel

KOTA MANNA – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menyiapkan 1.000 lembar stiker bertuliskan keluarga sangat miskin (KSM) akan segera ditempel pada 142 desa di Kabupaten BS.

Penempelan ini nantinya akan diambilalih Dinas Sosial, karena masih ada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dinilai mampu tapi tetap mendapat bantuan pemerintah.

Untuk meminimalisir kecurangan penerima KPM di wilayah BS, Dinsos telah siapkan 1.000 lembar lebih stiker KSM akan ditempelkan oleh Dinsos. Penempelan ini dilakukan untuk mastikan kalau penerima KPM benar–benar keluarga yang dianggap miskin.

Kini dari 142 desa se Kabupaten BS tercatat ada 12.896 keluarga miskin. Namun data itu diduga makin bertambah, lantaran adanya dugaan penerima yang fiktif. Karena itu Dinsos akan langsung mendatangi kecamatan dan kades se-Kabupaten BS untuk berkoordinasi guna pemasangan stiker secara langsung yang disaksikan pihak kepolisian.

Dikatakan Kepala Dinsos Kabupaten BS Drs. Heriyadi dari 11 kecamatan di Kabupaten BS, wilayah Pino Raya  adalah terbanyak menyumbang jumlah keluarga miskin. Ini bukti, 21 ton beras diberikan kepada masyarakat di Kecamatan Pino Raya.

Para keluarga penerima manfaat ini, kata Heriyadi, juga dapat sejumlah bantuan dari pemerintah. Seperti bantuan rastra, kartu indonesia sehat, kartu indonesia pintar, dan rumah layak huni.

‘’Untuk menghindari penerima fiktif, Dinsos akan ambil alih penempelan stiker KPM,” jelas Heriyadi.

Tetapi Heriyadi juga menyayangkan masih ada kepala desa belum bisa mengakomodir masyarakat yang berhak menerima bantuan. Karena kriteria penerima KPM sudah dijelaskan, bahwa salah satunya rumah tak layak huni, dan terdaftar sebagai keluarga miskin.

‘’Kepada kades juga harus bisa mengakomodir, siapa saja yang berhak, dan tidak berhak terima bantuan. Aturannya sudah sangat jelas,” demikian Heriyadi.(tek)

Berita Lainnya

 Penjual Pil Samcodin Segera Disidang

KOTA MANNA – Tersangka Yu (28), warga Jalan H Yasin Kelurahan Pasar Mulia Kecamatan Pasar ...

error: Content is protected !!