Rabu , 13 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / BMQ Layangkan Somasi

BMQ Layangkan Somasi

BENTENG – Pemilik tambang batu bara PT Bara Mega Quantum (BMQ) yang dimenangkan melalui Putusan Mahkamah Agung (MA) dari kubu Nurul Awaliyah, Jumat (22/3) melayangkan somasi kepada pihak Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu. Saat ini informasinya ada dua usulan terkait Kepala Teknik Tambang (KTT) di perusahaan yang saat ini sedang diliburkan dan dijaga petugas keamanan, untuk menghindari konflik atau keributan di lokasi tambang yang ada di Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Benteng.

Branch Manager PT BMQ, Eka Nurdiyanti saat dikonfirmasi menjelaskan, bahwa yang dilakukan pihaknya agar Dinas ESDM Provinsi Bengkulu bisa lebih hati-hati dalam mengeluarkan keputusan atau penerbitan KTT. “Apalagi, kami yang memegang putusan MA juga melampirkan salinan putusan tersebut ke Dinas ESDM Provinsi Bengkulu,” jelas Eka, Jumat (22/3).

Dengan hal ini, Eka berharap situasi yang sudah mulai kondusif berkat bantuan pengamanan dari pihak kepolisian, tetap terjaga sampai dengan pihaknya melakukan proses penambangan. Pihaknya juga mengusulkan KTT ke Dinas ESDM Provinsi demi melengkapi syarat sah sebelum melakukan aktivitas penambangan pascaputusan MA yang dipegang oleh kubu Nurul Awaliyah.

Saat ini, meskipun kondisi aman, Eka mengakui terus memantau situasi di lapangan. Jangan sampai ada pihak lain yang mencoba untuk memperkeruh suasana. “Putusan MA adalah putusan tertinggi dalam proses hukum, dan semua pihak wajib untuk menghormati putusan tersebut,” tegasnya.

Terhadap pihak kepolisian yangg menjaga, baik itu di lokasi tambang dan juga beberapa pintu masuk areal tambang, menurut Eka, pihaknya tentu saja mengapresiasi hal tersebut. Apalagi saat ini mendekati pelaksanaan Pemilu, tentu situasi harus tetap terjaga kondusif, aman dan jauh dari konflik. “Kami hormati proses hukum dan tindakan yang dilakukan kepolisian saat ini,” demikian Eka. (vla)

Berita Lainnya

Perbaikan Jalan Tunggu Anggaran Pusat

BENTENG – Jalan lintas Kelindang (Kecamatan Merigi Kelindang)- Susup (Kecamatan merigi Sakti) yang amblas karena ...

error: Content is protected !!